Warga Transmigrasi OKI Terima Bantuan Alat Pertanian

KAYUAGUNG – Sejumlah kelompok transmigrasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menerima bantuan peralatan pertanian dan home industri dari Wakil Bupati OKI, M. Rifa’I, SE pada peringatan Hari Bhakti Transmigrasi tingkat Kabupaten OKI di halaman Pemkab OKI, Senin, (15/14). Wakil Bupati OKI M. Rifa’i mengatakan bantuan ini dalam rangka mempercepat kemandirian desa dan mendukung kedaulatan pangan masyarakat transmigrasi.

“Bantun dari pemerintah ini agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” ujar Rifa’i saat menyerahkan bantuan.

Bantuan yang diberikan berupa peralatan pertanian yakni tiga unit hand tracktor, dua unit Gerobak motor, satu unit mesin pemipil jagung, dan satu unit rice miling ini diterima oleh warga transmigrasi di UPT Simpang tiga Kecamatan Tulung Selapan.

Sedangkan bantuan kewirausahaan berupa tiga unit mesin pembuat tepung, tiga unit mesin penggiling daging, tigta unit mesin pembuat keripik, tiga unit mesin pemarut kelapa, dan enam unit alat pres diterima oleh warga transmigrasi SP 2. Sedangkan warga UPT Gajah Mati Kecamatan Sungai Menang menerima kendaraan roda dua dan bantuan ternak sapi sebanyak 10 ekor sapi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Ja’far, dalam sambutannya yang dibacakan Wabup OKI mengatakan, penyelenggaraan transmigrasi selama ini telah terbukti mampu mendorong terbentuknya pusat-pusat produksi baru, yang kemudian berkembang menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru serta mendukung pembentukan pusat-pusat pemerintahan baru.

“Sejarah panjang telah membuktikan bahwa perjuangan para pionir kita tidaklah sia-sia. Penyelenggaraan transmigrasi telah terbukti mampu memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan bangsa Indonesia, terutama sebagai alat pemersatu bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Marwan sebagaimana dibacakan Wabup OKI.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *