Karna Kesal Jalan Tak Kunjung diperbaiki, Warga Tanam Pisang ditengah Jalan

Pohon pisang yang ditanam warga di tengah jalan lintas Lubuklinggau-tugumulyo Musi Rawas. | Dok KS

Pohon pisang yang ditanam warga di tengah jalan lintas Lubuklinggau-tugumulyo Musi Rawas. | Dok KS

LUBUKLINGGAU – Akses jalan raya Tugumuylo-Lubuklinggau persisnya berada di Kelurahan Karang Ketuan Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, ditanami pohon pisang oleh warga yang kesal kerusakan jalan tidak kunjung diperbaiki.

Cerita beberapa warga setempat, penanaman pohon tersebut telah terjadi semenjak dua hari terakhir. Pantauan di lapangan, Senin (15/12) hanya terdapat satu batang pohon pisang yang ditutupi bekas bendera persis ditaruh warga di badan jalan yang mengalami kerusakan. Selain itu pohon yang memiliki tinggi satu meter lebih ditanam juga disemen hingga sulit untuk dicabut.

Di sepanjang jalan lintas tersebut, sangat banyak lobang yang menganga berukuran kecil dan besar. Alek (22), warga setempat saat ditemui menerangkan, penanaman pohon pisang itu kesal dengan pemerintah yang tidak kunjung diperbaiki.

“Heran dengan pemerintah ini, kita bayar pajak tapi infrastruktur masih saja rusak,” ungkapnya kesal.

Senada dikatakan oleh Abdullah, tokoh pemuda setempat menjelaskan bahwa penanaman pohon dibadan jalan untuk mengimbau pengendara baik sepeda motor ataupun mobil yang melintas.

Karena sudah beberapa korban terutama anak sekolah jatuh karena tidak bisa menghindar lubang yang cukup besar.

“Bukan hanya kita tanam, tapi sebagian jalan yang rusak warga perbaiki dengan menyemen seadanya. Yang penting tidak ada masyarakat menjadi korban akibat kerusakan jalan,” terangnya.

Dijelaskannya, jalan lintas Tugumulyo ini memang jarang diperhatikan oleh pemerintah. Pasalnya jalan tersebut untuk perbaikan ada dikewenangan pemerintah provinsi.

“Pernah waktu itu nanya saat ada musrenbang di Kecamatan, bahwa jalan tersebut bukan kewenangan pemkot Lubuklinggau, makanya untuk meminta perbaiki kami kesulitan,” ungkapnya.

 

TEKS      : SRI PRADES
EDITOR     : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *