Harnojoyo : Tanggung Jawab PNS Itu Makin Berat

PALEMBANG – Plt Wali Kota Palembang, Harnojoyo meminta agar para honorer Kategori (K2) yang baru saja mendapatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat bekerja maksimal sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

“Di era otonomi dan reformasi seperti sekarang ini, tugas dan tanggung-jawab sebagai PNS semakin berat. Karena dinamika perkembangan arus globalisasi dan semakin kritisnya masyarakat terhadap pelayanan publik. Oleh itu, sebagai abdi negara, harus siap mental, punya ketrampilan, berilmu, berwawasan mengetahui dasar-dasar pelayanan publik agar semua tugas yang dilaksanakan berjalan lancar,” ungkapnya, usai meresmikan dan menyerahkan SK pengangkatan kepada 794 CPNS K2 yang diangkat menjadi PNS, di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Senin (15/12).

Harnojoyo mengatakan, proses pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS itu sesuai Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 56 Tahun 2012 yang merupakan perubahan kedua atas PP Nomor 48 Tahun 2005 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS.

“Saya berharap kepada PNS yang baru dilantik, bisa melayani masyarakat dengan baik sesuai bidangnya masing-masing,” pintanya.

Ditanya terkait masih ada 700 honorer K2 dilingkungan Pemkot Palembang yang belum diangkat ? Harnojoyo menjawab, pihaknya masih menunggu kebijakan dari KemenPAN-RB.

“Prosesnya ada di pusat. Jadi tunggu saja perkembangannya,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Palembang Kurniawan merincikan, CPNS K2 yang mendapatkan SK adalah, tenaga Guru ada 382 orang, tenaga kesehatan 90 orang dan tenaga teknis dan administrasi lainya 322 orang.

“Berdasarkan golongan kepangkatan, golongan III/a ada 200 orang, golongan II/ c ada 110 orang, golongan II/ b 3 orang, golongan II/a 433 orang, golongan 1/b 30 orang dan golongan 1/a 18 orang,” bebernya.

Sambung Kurniawan, pelantikan CPNS K2 tahun 2014 ini merupakan pelantikan terbanyak. Karena, biasanya hanya berjumlah puluhan sampai seratusan. Tapi, yang dilantik hari ini (kemarin) mencapai 794 orang.

“Mereka yang dilantik merupakan honorer yang terhitung masa kerja dari per Januari tahun 2005,” ujarnya.

Dan, sementara itu, salah seorang CPNS K2 yang baru diangkat, Amirul mengatakan, bangga sekaligus bahagia dengan pengangkatan sebagai PNS, dengan begitu, katanya kehidupannya menjadi lebih terarah dan tidak mengambang lagi.

“Dengan kesabaran dan terus berdoa. Akhirnya saya diangkat juga,” ujarnya.

 

TEKS   : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *