Drainase Tersumbat, Air Tumpah Kejalan Jaman Talang Gabus Tanjung Enim

MUARA ENIM – Diduga tersumbat, drainase atau selokan di Jalan Jaman Talang Gabus Tanjung Enim airnya meluap hingga tumpah ke jalan raya. Tersumbatnya drainase tersebut akibat banyak sampah yang ada didalam drainase, sehingga air tidak dapat dialirkan ke sungai enim yang ada di seberang jalan.

Eman (30), warga sekitar menuturkan, ditambah dengan cuaca hujan saat ini, selokan tersebut tak mampu menampung air hujan yang tumpah. Sehingga air meluap genangai air seluruh badan jalan. Akibatnya kondisi tersebut mengganggu arus lalu lintas sekitar.

“Awalnya selokan itu buntu, karena tidak ada yang membersihkan membuat air tak dapat mengalir. Apalagi sekarang musim hujan, pasti di tempat itu banjir,” tuturnya, Senin (15/12).

Dirinya menambahkan, ditempat itu juga terdapat saluran pipa PDAM yang diduga bocor dan bekas galian pipa yang tidak diperbaiki kembali sehingga merusak badan jalan. Akibatnya jalan menjadi menyempit dan susah di lalui kendaraan.

“Kalau air sudah tumpah, lalu lintas terganggu. Karena motor dan mobil ingin menghindari banjir,” tambahnya.

Senada diungkapkan oleh pengguna jalan, Eko (40). Menurutnya, ditempat itu banjir disebabkan oleh tumpahan air hujan ke jalan dari sisi atas. Yakni dari simpang 3 Tegal Rejo karena kondisi jalannya menurun. Hal ini sudah lama terjadi karena selokan yang ada di kedua sisi jalan tak mampu lagi menampung air hujan.

“Sewaktu hujan deras jalan jaman ini seperti sungai, air dari pucuk sangat deras dan tumpah di selokan ini,” ucapnya.

Dirinya berharap, kepada pemerintah setempat untuk memperhatikan kondisi ini. Jika selokan ini dibersihkan, kata dia, tentunya air yang tumpah dapat tertampung dan dialirkan ke sungai enim yang tak jauh dari tempat tersebut.

“Semoga pihak-pihak terkait dan warga tergugah untuk membersihkan selokan yang buntu tersebut. Selain itu, kepada pemerintah juga diharapkan dapat memperbaiki jalan yang rusak sehingga lalu lintas di jalan jaman menjadi lancar,” harapnya.
Teks    : SISWANTO
Editor   : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *