DPRD Minta BKD Palembang Segera Verifikasi Ulang CPNS Siluman

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Adanya dugaan dua orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru diresmikan menjadi PNS, Senin (15/12) tidak mengikuti proses seleksi yang benar atau tidak sesuai aturan (Siluman), membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang berang. Sehingga meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Palembang mengecek ulang dua nama tersebut.

Wakil Ketua DPRD Palembang, Mulyadi mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya menerima pengaduan dari honorer K2 yang tidak lulus seleksi tahun 2013 lalu. Bahwa ada dua orang yang lulus CPNS melakukan pelanggaran.

“Yang pasti kami akan menindaklajutinya dengan meminta BKD untuk mengecek ulang. Sebab, penerimaan CPNS itu harus ada kriteria, jangan sampai ada yang tidak masuk kategori tapi bisa ikut tes. Meskipun, yang meluluskan CPNS tersebut adalah pusat tapi BKD mestinya harus verifikasi ulang,” tegasnya, usai menghadiri pelantikan 794 CPNS, di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Senin (15/12).

Ucap Mulyadi, berdasarkan surat yang di kirim ke DPRD Palembang yang diterima langsung oleh Komisi IV, ada salah satu guru di SDN 51 Palembang berinisial RF tidak masuk dalam kategori K2. Karena, baru beberapa bulan mengajar di sekolah tersebut. Tapi karena memiliki kedekatan dengan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Palembang, yang bersangkutan dapat mengikuti proses seleksi hingga akhirnya lulus.

“Kemudian ada lagi guru dari SDN 30 Palembang berinisial RM yang lulus. Padahal seharusnya belum bisa mengikuti seleksi CPNS dari K2, karena pada tahun 2006-2007 sudah tidak mengajar lagi di SDN 30 dan pindah tempat kerja,”bebernya.

Tegas Mulyadi, dengan keadaan demikian, pihaknya berharap, Pemkot Palembang dapat bertindak tegas. Sehingga, apabila terbukti melakukan pelanggaran bisa diproses sesuai hukum dan aturan yang berlaku.

“Masih banyak honorer K2 yang tidak lulus. Padahal mereka sudah mengabdi puluhan tahun,” katanya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Palembang, Harnojoyo, enggan menanggapi hal tersebut. Bahkan, ia terkesan menghindar dan buru-buru masuk mobil.

“Apalagi yang mau di wawancara, kan tadi sudah wawancara, kalau soal CPNS siluman, tanya saja BKD,” ujarnya singkat.

 

TEKS  : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *