Pemkab OKUS Gelar Aksi Menanam 1 Miliar Pohon

Bupati Kabupaten OKU Selatan menggelar aksi menanam 1 Miliar pohon yang dipusatkan di Bendungan Desa Rantau Nipis, Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. | Dok KS

Bupati Kabupaten OKU Selatan menggelar aksi menanam 1 Miliar pohon yang dipusatkan di Bendungan Desa Rantau Nipis, Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. | Dok KS

Muaradua – Sebagai penghijauan lingkungan serta menjalankan program Nasional yang dicanangkan presiden nomer 24 tahun 2008, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan menggelar aksi menanam 1 Miliar pohon yang dipusatkan di Bendungan Desa Rantau Nipis, Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan.

Bupati Kabupaten OKU Selatan, H. Muthadin Sera’I, membacakan langsung sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, gerakan menanam 1 milyar pohon tahun 2014 ini merupakan acara ke-7 yang di selnggarakan di seluruh wilayah Indonesia.

“Gerakan tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat dan motivasi serta membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh Indonesia,” paparnya.

Kegiatan ini sendiri mengambil tema Hutan lestari untuk mendukung kedaulatan pangan air dan energi terbarukan.

Menurut Bupati, tema tersebut berguna untuk mendorong masyarakat ikut serta membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik.

“Sekaligus menyediakan bahan baku bagi industry kehutanan dan menyerap karbondioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim,” ujarnya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten OKUS, Hasan Basri,S. Sos yang merasa bangga bisa terlibat langsung dalam memperingati gerakan penanaman 1 miliar pohon tahun 2014 ini.

“Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir, pada 2010-2013, Pemkab OKUS melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan telah melakukan penanaman sebanyak 30 ribu batang pohon. Pada tahun 2014 ini telah menanam sebanyak 6200 batang pohon. Pohon yang telah di tanam tersebut diataranya Mahoni, Bungur, Pulai, Bambang Lanan, Angsana serta tanaman produktif seperi Durian dan Mangga,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sejak tahun 2010 di Kabupaten OKUS telah dibentuk 201 kelompok Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang tersebar di 19 kecamatan se-OKU Selatan. “Bibit pohon tersebut berjumlah 12 ribu batang bibit pohon,” jelasnya.

Terpisah, Kabid rehabilitasi Hutan Dinas Kehutanan dan Perkebunan dan juga Ketua Panitia Penanaman 1 Miliar pohon, Mawardi menjelaskan, sebelumnya Dinas Kehutanan dan Perkebunan menggikuti acara penanaman 1 miliar pohon untuk tingkat Propinsi Sumatera Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Banyuasin beberapa waktu sebelumnya.

“Kini giliran Kabupaten Oku Selatan turut mensuskseskan program Penanaman 1 Miliar Pohon. Semoga dalam waktu yang akan datang program ini akan terus dilaksanakan,” ujarnya.

 

Teks  : Fitri

Editor  : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *