Drainase Tak Berfungsi, Air Genangi Badan Jalan

Akibat drainse tak berfungsi, air menggenangi jalinsumteng Pasar Tebing Tinggi saat hujan. | Dok KS

Akibat drainse tak berfungsi, air menggenangi jalinsumteng Pasar Tebing Tinggi saat hujan. | Dok KS

EMPAT LAWANG – Sejumlah titik drainase di sepanjang Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinsumteng) dan jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang tidak berfungsi lagi. Akibatnya, badan jalan pun tergenang air saat hujan turun.

Genangan air membuat lubang di badan jalan tak terlihat, kondisi ini membahayakan pengendara yang melintasinya. “Drainasenya sudah tertutup lumpur dan sampah, jadi kalau hujan air dan sampah melimpah ke badan jalan,” sesal Mardian (38) warga Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, Minggu (14/12).

Kondisi ini diakuinya kerap membahayakan pengendara, tidak jarang ada mobil terperosok ke drainase karena tersentak lubang dibadan jalan. Terutama di simpang tiga jembatan musi, tepatnya dibawah perlintasan rel Kereta Api (KA).

Selain itu, katanya, luapan air juga terjadi di depan Mapolres Empat Lawang. “Nah, kalau hujan deras air menggenangi badan jalan karena drainasenya tidak berfungsi bagus. Harus ada peninjauan pemerintah, kan bahaya kalau jalan digenangi air terus,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Kandar (40) sopir angdes Pendopo-Tebing Tinggi, dirinya mengakui sepanjang jalan provinsi banyak sekali genangan air dibadan jalan. Ia khawatir, karena jalan berada di tepi Daerah Aliran Sungai (DAS) Musi, bisa longsor karena aliran air menggenang dan tidak ada salurannya.

“Nanti longsor, jalannya juga sudah banyak berlubang karena tergenang air,” ucap Kandar mengaku, tak hanya akibat hujan, ari dari perbukitan pun hampir setiap hari menggenangi jalan provinsi antara Tebing Tinggi-Talang Padang.

Ia berharap, ada perbaikan drainase jalan. Setidaknya proyek pekerjaan harus dengan pengawasan ekstra, jangan seperti proyek tahun tahun sebelumnya yang mudah rusak. Baru beberapa bulan dibangun drainsenya sudah ambruk, bahkan sekarang sudah tertutup sampah dan rumput. “Kalau dibiarkan, semakin rusak nanti jalan di Empat Lawang,” imbuhnya.

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, sejumlah titik drainase tak berfungsi lagi seperti di jalinsumteng Kelurahan Tanjung Kupang, pada titik tebing alay dan tak jauh dari perkantoran Pemkab Empat Lawang. Titik lainnya di simpang tiga jembatan musi hingga ke pasar Tebing Tinggi. Selain itu di sepanjang kecamatan Saling, nyaris semua drainase yang pernah dibangun tak berfungsi lagi.

Sementara di jalan provinsi Tebing Tinggi-Pendopo, beberapa titik drainase tak berfungsi mulai dari simpang jembatan musi, beberapa titik lainnya di desa Terusan Baru, desa Batu Panceh dan lainnya.
Teks    : SAUKAN
Editor    : Junaedi Abdillah .




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *