2015, Sekolah Terapkan KTSP

PAGARALAM – Pro kontra kebijakan untuk penghapusan Kurikulum 2013 dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), sejumlah sekolah di Kota Pagaralam masih menerapkan kurikulum pedoman dimaksud hingga semester ganjil berakhir atau hingga penghujung tahun 2014. Demikian Hal dikemukakan Kepala Dinas Pendikan (Disdik) Kota Pagaralam Drs H Syafrani MPd, kemarin (14/12).

Menurutnya, adanya kebijakan baru tentang penghapusan Kurikulum 2013 atau kembali lagi kepada sistem lama yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sejauh ini sejumlah sekolah di Bumi Besemah ini masih menerapkan kurikulum baru hingga penghujung tahun 2014. Mengingat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di semester ganjil ini masih berjalan.

“Ya, berdasarkan petunjuk Kementrian Pendidikan Nasional, rencana penerapan kurikulum lama atau KTSP baru bisa diterapkan pada semester selanjutnya atau per 1 Januari 2015 nanti,” sambungya.

Sekolah-sekolah di Pagaralam lanjutnya, sudah terlanjur menerapkan kurikulum baru. Namun, yang terpenting kata Safrani, hal itu tidak menghambat proses KBM di sekolah-sekolah.

“Memang ada perbedaaan antara kurikulum lama dengan yang baru yakni penekanan pendalaman materi dan berbasis teknologi informasi serta multimedia. Sementara, untuk penerapan kebijakan baru ini diperlukan adanya berbagai pelatihan bagi tenaga pendidikan. Sedangkan para guru yang ada belum semuanya mengikuti pelatihan,” katanya.

Ia menerangkan, kurikulum baru ini merupakan pengembangan dari KTSP serta penerapan kebijakan Kurikulum 2013 atau upaya uji coba di dunia pendidikan. Kendati demikian, secara nasional tidak seluruh sekolah menerapkannya, termasuk sekolah-sekolah yang ada di Kota Pagaralam hanya mengikuti atau melaksanakan kebijakan.

“Kita hanya mengacu pada kebijakan dari Kemendiknas, sedangkan untuk kembali ke kurikulum lama akan diterapkan 2015 nanti,” tegasnya.

Terkait adanya kebijakan untuk penerapan kembali ke kurikulum lama,   Kepala SD Negeri 1, Sudarno SPd mengatakan, pihaknya sudah menerima edaran dari Dinas Pendidikan Kota Pagaralam agar dapat menerapkan KBM yang mengacu pada KTSP.

“Kita akan menerakan KTSP pada semester genap nanti atau awal tahun 2015,” singkatnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *