Permohonan Pemakzulan Romi-Harnojoyo Dikabulkan MA, Jimmy Oscar Angkat Bicara

Walikota da Wakil Walikota Palembang | Dok KS

Walikota dan Wakil Walikota Palembang | Dok KS

PALEMBANG – Wakil Ketua DPRD Palembang periode 2009-2014, Jimmy Oscar Haris angkat bicara terkait dikabulkannya permohonan DPRD Palembang untuk memakzulkan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang, Romi Herton-Harnojoyo.

Menurut Jimmy, mengapa permohonan itu dilayangkan ke MA. Karena desakan dari Forum Masyarakat (Formas) Palembang menuntut keadilan, Sabtu (27/9) lalu. Dimana mereka meminta agar DPRD Palembang melayangkan surat ke MA untuk meminta fatwa pembatalan SK 38 tahun 2013 yang menetapkan pasangan Romi Herton-Harnojoyo sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang 2013-2018.

“Untuk memenuhi suara perwakilan dewan dalam rangka meminta fatwa MA. Sabtu (27/9) malam, sekitar pukul 20.00 WIB kami lakukan rapat Paripurna. Saya sebagai pemimpin rapat, dan paripurna itu sah, karena dari 50 anggota DPRD Palembang, 27 diantaranya hadiri paripurna itu. Artinya paripurna itu kuorum,”katanya, Jum’at (12/12).  Baca : Sarimuda Sah Walikota Palembang ?

Jimmy menyebutkan, walaupun paripurna itu terkesan dipaksakan. Pihaknya tetap melayangkan surat untuk meminta fatwa agar diberikan petunjuk dari MA terkait tuntutan masa Formas itu.

“Sidang tetap kami lakukan karena kami anggap kuorum. Artinya lebih dari 50 persen anggota yang ada. Walaupun ketua DPRD Palembang saat itu, Ahmad Nopan tidak hadir,”sebutnya.

Jimmy menambahkan, akhirnya surat permohonan itu dikirim ke Jakarta, Senin (29/9) lalu dengan berisikan empat poin, diantaranya meminta petunjuk MA untuk membatalkan SK 38 tahun 2013 dan memberlakukan SK KPU Nomor 35 tahun 2013 dengan alasan SK 38 2013 tersebut dianggap cacat hukum, karena keputusan tersebut dianggap hasil dari kejahatan.

“Saat itu, Formas Palembang menuntut keadilan melakukan aksi selama dua hari yakni, Jum’at dan Sabtu (26-27) September di DPRD Palembang. Bahkan, mereka solat di halaman kantor DPRD Palembang,” katanya.

 

TEKS    : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *