Dongkrat PAD, UPTD OI Akan Diberdayakan

INDRALAYA – Setelah dinilai belum maksimal dan sempat terhenti, Dinas Pendapatan (Dispenda) Kabupaten Ogan Ilir, pada tahun 2015 mendatang akan kembali memberdayakan Unit Pelayanan Tekhnis Daerah (UPTD), yang sudah dibentuk sejak tahun 2011 lalu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Penagihan Dispemda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir, Firman, Jumat (12/12), kemarin.

Menurutnya, tahun 2015 mendatang, UPTD yang ada di beberapa Kecamatan dalam Kabupaten Ogan Ilir akan lebih diberdayakan.

“Sebenarnya UPTD ini sudah dibentuk sejak tahun 2011 lalu. Namun, karena belum difungsikan sebagaimana mestinya, tahun 2015 mendatang, akan kita maksimalkan lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejak tahun 2011 lalu, UPTD di kecamatan sudah ada enam, dan tahun 2015 tidak ada perubahan. “Ya, kita maksimalkan saja biar potensi-petensi PAD (Pendapatan Asili Daerah red) yang belum tergarap agar bisa digarap untuk menunjang target yang ada,” imbuhnya.

Dijelaskannya juga, bahwa UPTD ini sendiri adalah perpanjangan tangan dari dinas untuk pelayanan masyarakat. “Yang pasti pelayanan bisa dilakukan dengan cepat, kalau ada yang perlu dilakukan sosialisasi, bisa dilakukan dengan segera,” terangnya.

Disinggung kendala yang ada selama ini, lanjutnya, pihaknya kekurangan dana untuk lebih memaksimalkan kinerja pihak UPTD di kecamatan.

“Ini juga yang menjadi kendala selama ini, selain itu SDM juga masih sangat minim,” tuturnya.

Masalah kerja UPTD, katanya, selain menggali PAD yang ada, juga mengurusi masalah pendataan PBB, wajib pajak.

“Semuanya diserahkan sepenuhnya kepada UPTD,” katanya saraya berharap dengan dimaksimalkannya lagi UPTD ini, penggalian pajak bisa naik seratus persen.

Terpisah, Seketaris Dispemda Ogan Ilir, H Ramlan meminta agar masyarakat harus membaya pajak tepat waktu. “Ya, demi pembangunan Ogan Ilir yang lebih baik lagi,” katanya.

Pihaknya juga mengingatkan kepada wajib pajak khususnya kos-kosan, hotel, rumah makan, dan perusahan-perusahaan lainnya agar bisa membantu pihaknya untuk mencapai terget yang sudah ditetapkan sebelumnya.

 

Teks   : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *