Dispenda Sumsel Akan Pasang Alat Validasi Pajak di Mall

Ilustrasi

Ilustrasi | ist

PALEMBANG – Guna mempermudah pembayaran pajak bagi wajib pajak di Sumatera Selatan, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel memberikan alternative kemudahan tahun depan. Hal itu diungkapkan Kepala Dispenda Sumsel, Muslim, ditemui usai membuka kegiatan siraman rohani karyawan di lingkungan Dispenda Sumsel, kemarin.

Sejalan dengan rencana perubahan layanan pembayaran pajak yang awalnya dilakukan manual, Dispenda terus mensosialisasikan rencana adanya pembayaran pajak via online dan mesin ATM.

“Selama ini kan manual, harus ke kantor Samsat dan berhadapan banyak orang. Bagi yang di luar daerah juga sulit kembali ke daerahnya untuk membayar pajak tersebut. Tapi dengan system dan pelayanan baru diharapkan tidak ada alasan lagi untuk seperti itu,” ujarnya.

Tahun depan, pihaknya akan mempergunakan perkembangan teknologi yang canggih, yakni system online dengan membayar pajak melalui ATM dari beberapa perbankan yang sudah bekerja sama dengan Dispenda Sumsel.

“Saat ini juga kan banyak masyarakat yang merasa kurang terpenuhi ekspektasinya terhadap pelayanan kita. Masyarakat lebih memilih pembayaran pajak yang lebih mudah, simpel, dan penuh kepastian. Karenanya lah kami perbaiki sistem dan prosedur yang ada saat ini,” urainya.

Untuk itu juga, nantinya, Dispenda akan bekerjasama dengan beberapa rekanan baik Dirlantas, Perbankan dan lainnya dalam menyediakan dan memasang alat validasi STNK. Alat tersebut akan berdampingan dengan ATM.

“Kami akan mencoba memasang itu di tiap mal di Palembang, nantinya menyebar di kabupaten lainnya. Target awalnya tahun depan akan ada tiga alat tersebut,” tutur dia.

Alat validasi STNK itu nantinya akan berfungsi guna mengecek dan memvalidasikan STNK dari wajib pajak, sehingga tidak perlu lagi laporan dan datang ke kantor Samsat lagi. Hanya saja, wajib pajak tetap harus datang ke kantor apabila ingin mengurus bea balik nama dan pajak lima tahunan.

“Alat ini akan ditenderkan di awal tahun depan. Tender dalam penyediaan alat dengan bantuan orang ketiga. Rencana 2-3 alat validasi dulu sebagai uji coba. Lokasinya di Mal atau pusat keramaian di Palembang,” jelas Muslim.

Sementara itu, dalam acara siraman rohani yang dilakukan itu, pihaknya akan melaksanakan acara seperti itu di tiap bulannya. Hal itu guna menanamkan nilai-nilai kepada karyawan untuk bisa bekerja dengan baik dan professional.

“Apalagi ini sudah mendekati akhir tahun, diharapkan kegiatan seperti ini bisa meningkatkan kesadaran karyawan agar lebih giat bekerja dan menyelesaikan tugas sebelum akhir tahun tiba,” pungkasnya.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *