Pasca Kenaikan BBM, Harga Dua Komoditi ini Malah Turun

Pedagang Ayam Potong di Pasar Cinde | Foto : Bagus Park

Pedagang Ayam Potong di Pasar Cinde | Foto : Bagus Park

PALEMBANG – Di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Ternyata ada dua komoditi yang mengalami penurunan harga sepekan terakhir yakni daging ayam dan telur.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PND), Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang, Juni Haslansi mengatakan, penurunan tersebut karena saat ini musim panen ayam potong. Oleh itulah, harga kedua kebutuhan masyarakat tersebut turun.

“Untuk harga ayam broiler dari Rp 26-Rp 27 ribu per kilogram (kg) sekarang menjadi Rp 22 ribu per kg, sementara untuk telur ayam ras yang awalnya Rp 17 ribu per kg, sekarang menjadi Rp 15-Rp 16 ribu per kg,”ungkapnya, saat dihubungi, Kamis (11/12).

Juni menyebut, harga daging ayam broiler tersebut berada di angka normal. Walaupun sedikit tinggi, namun hal itu dianggap sesuai pasca kenaikan BBM.

“Sebelum BBM naik, harga daging ayam normalnya di angka Rp 24 ribu. Nah, sejak kenaikan BBM normalnya menjadi Rp 26 ribu per kg,”sebutnya.

Di tanya sampai kapan harga tersebut akan bertahan ? Juni menjawab, harga tidak akan mengalami kenaikan jika stok ada serta permintaan tetap normal.

“Tapi, apabila permintaan banyak secara otomatis harga akan naik. Makanya, masyarakat dilarang membeli dalam jumlah besar. Takutnya, ada oknum yang memanfaatkan situasi seperti itu,” ujarnya.

Juni menjelaskan, untuk kebutuhan utama sembilan bahan pokok di Kota Palembang seperti, beras, gula, minyak sayur dan tepung terigu stoknya aman.

“Untuk beras mampu mencukupi hingga Maret 2015 dengan stok 80.000 ton. Gula 678 ton, tepung terigu 1.375 ton dan minyak goreng 980 ton,” bebernya.

Juni menambahkan, pihaknya memprediksi ada beberapa jenis komiditi lagi yang akan mengalami penurunan harga hingga akhir 2014 ini. Tapi, pihaknya tidak berani menyebutkan jenisnya.

“Ya kemungkinan besar masih ada harga komoditi yang akan turun. Seperti halnya ayam broiler maupun telur,” ulasnya.

 

TEKS    : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *