Operasi Zebra 2014, Polres Empat Lawang Catat 620 Tindakan

EMPAT LAWANG – Selama lebih kurang dua pekan Operasi Zebra digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Empat Lawang, tercatat sedikitnya 620 tindakan. Dari 620 tindakan tersebut, sekitar 180 tindakan berupa teguran dan sisanya 440 tindakan penilangan.

“Oprasi Zebra yang kami gelar dari 26 November hingga 9 Desember ada 620 tindakan,” ujar Kapolres Empat Lawang AKBP M Ridwan melalui Kasat Lantas AKP Marully RA, kemarin (11/12).

Dijelaskan Marully, rata-rata para pengendara yang mendapat tindakan yakni pengendara sepeda motor. Kebanyakan dari pengendara sepeda motor tersebut tidak menggunakan helm. Selain itu usai rata-rata yang kena tindakan yakni berkisar 18 hingga 30 tahun. “Kami menggelar Oprasi Zebra secara hunting termasuk juga di simpang Tugu Emass, depan Mapolres Empat Lawang, dan Talang 12. Terakhir kemarin (Selas,red) gabungan dengan Dishubkominfo Empat Lawang,”bebernya.

Sementara tingkat kecelakaan lalu lintas berat hingga meninggal selama Oprasi Zebra menurun, dari beberapa bulan sebelumnya yakni hanya satu kejadian kecelakaan. Sementara pada Agustus ada delapan kecelakaan, September dua kecelakaan dan Oktober dua kecelakaan. “Selain Oprasi Zebra, kami juga melakukan kegiatan sosialisasi berlalu lintas salah satunya pemasangan banner di berbagai tempat,” kata Marully.

Saat melakukan Oprasi Zebra ini, banyak pengendara yang bertanya bagaimana cara membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Namun berhubung Polres Empat Lawang belum bisa melakukan pembuatan SIM, para pengendara disuruh untuk membuat SIM di Polres Lahat.

“Belum tahu berapa banyak pengendara yang membuat SIM setelah Oprasi Zebra ini. Tapi mereka banyak yang bertanya cara membuat SIM dan kami mengupayakan untuk membuat di Polres Lahat,” tukasnya.

 

TEKS     : SAUKANI
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *