Kepala Dinas Kesehatan Lahat : Kita Bakal Tambah Puskesmas

LAHAT – Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat pada 2015 mendatang akan menambah tiga puskesmas rawat inap yang akan didirikan di tiga desa yakni Pagun, Pagar Jati, dan Perangai. Puskesmas rawat inap ini dibangun untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat seperti yang diamanahkan Wakil Bupati Lahat Marwan Mayur di hari Kesehatan Nasional beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Dr.H.Rasyidi Amri kepada Kabar Sumatera, Kamis (11/12) mengatakan, selain meningkatakan mutu pelayanan kesehatan masyarakat, pembangunan inipun dikarenakan sangat urgent (mendesak).

“Untuk lokasi sendiri sudah kita tentukan, seperti didesa pagar jati, disana ada bangunan balai pengobatan yang terbengkalai, nah bangunan tersebut dapat kita optimalakan kembali melalui pembnagunan puskesmas rawat inap,” bebernya.

Ia berujar, tujuan pembangunan puskesmas rawat inap sendiri ialah jika ada masyarakat yang sakit maka setidaknya dirawat didesa itu sendiri, jangan selalu dirujuk ke RSUD dan untuk tempat tidurnya sendiri pihaknya telah mempersiapkan 10 hingga 15 tempat tidur agar pengobatan terhadap masyarakat dapat berjalan semaksimal mungkin.

“Ketiga desa tersebut memang sudah layak dibangun puskesmas rawat inap, dengan demikian mereka tidak harus selalu menuju rsud jika ada keluarga mereka ada yang sakit,” jelasnya.

Selain itu ia menyampaikan, baik dokter maupun bidan mereka akan siapkan apa lagi program Dokter Masuk Desa (DMD) sudah berjalan.

“Di samping itu setidaknya mengurangi beban RSUD dan mendongkrak pemasukan PAD disektor kesehatan” tegasnya.

 

TEKS    : JUMRA ZEFRI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *