PDAM tak Mampu Alirkan Air 24 Jam

Ilustrasi PDAM

Ilustrasi PDAM

PALEMBANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang masih menemui sejumlah kendala dalam penyaluran air bersih 24 jam. Salah satunya, di karenakan masih terjadinya pemadaman listrik ataupun tegangan listrik yang tidak stabil. Akibatnya distribusi air bersih menjadi tersendat.

Direktur Operasional PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan, beberapa wilayah sudah cukup banyak dialiri air bersih hingga 24 jam seperti, di wilayah Instalasi Pengolahan Air (IPA) Rambutan yang meliputi Demang Lebar Daun, Kalidoni dan lainnya. Tapi, akibat tegangan listrik tidak stabil maupun terjadi pemadaman penyaluran air bersih tidak bisa berjalan lancar.

“Kecepatan distribusi IPA kita sudah sangat memadai, misalnya IPA Ogan kecepatannya mencapai 200 liter per detik, karang anyar 300 liter,” katanya, belum lama ini.

Ditanya soal angka pencurian air bersih ? Andi menjawab, pihaknya terus menekannya. Tapi sebenarnya bukan di curi melaikan gangguan fisik, seperi pipa bocor dan lainnya.

“Angkanya terus ditekan, mudah-mudahan terus berkurang,”katanya tanpa menyebutkan angka pasti pencurian air bersih di Palembang.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Musi Palembang, Cik Mit mengatakan, pelayanan kepada pelanggan terus ditingkatkan. Terutama, agar air bersih bisa mengaliri rumah warga sampai 24 di seluruh Palembang.

“Namun masih ada pembenahan-pembenahan termasuk meningkatkan kapasitas IPA yang ada,” katanya.

Sambung Cik Mit, hingga akhir September 2014, penambahan jumlah pelanggan PDAM lebih kurang 16 ribu pelanggan.

“Nah, dengan adanya penambahan itu, kami juga akan berusaha mengimbangi pelayanan yang baik. Termasuk distribusi air 24 jam,” katanya.

 

TEKS     : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *