HBA : Kades Harus Punya Visi Misi

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri

EMPAT LAWANG – Sebagai ujung tombak dan perpanjangan tangan pemerintah, kepala desa (Kades) wajib memiliki visi dan misi jelas dalam menjalankan amanah masyarakat. Pemangku jabatan politis, kades hendaknya merealisasikan program kerja dan janji sewaktu pencalonan.

“Jangan cuma kejar jabatan kades tapi tak ada tujuan jelas, tapi buktikan dengan program kerja nyata guna membangun desanya,” tegas Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA), kemarin.

Sama halnya dengan bupati kata HBA, dalam menjalankan roda pemerintahan, kades mesti memahami kondisi daerahnya. Sehingga secara bertahap ada kemajuan dari segi infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Contohnya sebut HBA, kabupaten Empat Lawang sendiri. Dalam usia ke 7 tahun pemekaran dari Kabupaten Lahat, kini Empat Lawang berhasil meninggalkan status sebagai daerah tertinggal.

Empat Lawang imbuh HBA, kini tercatat menjadi satu-satunya daerah di Sumatera Selatan yang berhasil membangun jalan-jalan di seluruh polosok desa di wilayahnya. Untuk itu peran serta masyarakatnya sangatlah diharapkan salah satunya melunasi kewajiban membayar pajak.

“Meski baru berusia tujuh tahun, kita mampu membangun maksimal. Tidak ada lagi desa belum dibangun akses jalannya, termasuk penerangan semua desa telah dialiri listrik,”bebernya.

HBA mengingatkan, agar kades tidak menalangi pelunasan pajak warganya. Namun diberi pengertian agar warga dapat menyadari betapa pentingnya membayar pajak, kecuali jika itu subsidi silang.

“Untuk pembayaran pajak, saya harapakan jangan ditutupi (ditalangi, red), namun diberi pengertian dan pembelajaran kepada masyarakat,”imbuhnya.

 

TEKS       : SAUKANI
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *