Warga Gelumbang Ramai-ramai Bayar PBB

GELUMBANG – Guna menggenjot penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yangnakan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Di mana penerimaan PBB yang sekarang ini bernama pajak bumi dan bangunan perkotaan dan perdesaan belum optimal terpenuhi dan ini yang menyebabkan PAD dari sektor pajak perkotaan dan perdesaan di Kabupaten Muaraenim tak memenuhi target dan sampai sekarang baru 47,10% dari target yang sudah dicanangkan.

Untuk kesempatan kali ini, Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Muara Enim mengadakan pekan pemungutan dan pelunasan PBB P2 didaerah dapil 3 yaitu Kecamatan Gelumbang, Kecamatan Sungai Rotan, Kecamatan Lermbak, Kecamatan Belide Darat dan Kecamatan Kelekar serta Kecamatan Muara Musi yang dipusatkan di Kecamatan Gelumbang dimana Dinas Pendapatan Daerah Muaraenim bermaksud untuk meningkatkan dan mengajak masyarakat agar dapat melunasi PBB P2 jatuh tempo 31 Desember 2014.

Kabid PBB Dispenda Muaraenim Husin yang mengatakan, bahwa penerimaan PBB P2 yang diharapkan tidak semuanya melunasinya namun ada bebepara desa yang sudah melunasinya.

“Makanya, kita mengharapkan agar masyarakat sadar dan peduli pajak khusunya PBB,” katanya.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Muaraenim Amrullah Jamaludin bahwa sejak 1 Januari 2014 pelaksanaan pengelolaan PBB mulai dari proses pendataan, penetapan, sampai pelaksaan penagihan sepenuhnya dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Muaraenim.

“Adanya penyerahan pelaksanaan pengelolaan PBB P2 harus berdampak pada peningkatan Pendapatan Daerah khususnya PAD dari PBB P2, karena perlu diketahui bahwa APBD Kabupaten Muara Enim tahun 2014 adalah sebesar Rp1,8 triliun lebih yang salah satunya bersumber dari PBB P2 sebesar Rp 8,4 miliar lebih atau 6% dari PAD,” ujar Amrul.

Lanjutnya, realisasi PBB sampai saat ini yang baru mencapai Rp 3,9 miliar atau 47,10% dari target Rp 8,4 miliar berarti 42,90% atau Rp 4,4 miliar.

Lurah Gelumbang Yaswardi mengatakan pembayaran PBB P2 ini hanya karena malas saja, bukan hanya warga biasa namun banyak juga warga pensiunan yang malas membayar PBB.

“Mengingat pentingnya PBB P2 ini dalam membangun daerah hal tersebut akan kita kejar sesuai dengan target yang kita harapkan, dan perlu diingat bahwa Kecamatan Gelumbang termasuk yang melebihi 50% penerimaan PBB P2 ini, maka untuk kedepan kita akan kejar hingga mencapai 95%,” ujar Yaswardi.

 

TEKS     : IRSAN MATONDANG

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *