Sumsel Gaet Australia Untuk Pembinaan Atlet

Acara penandatanganan kerjasama KONI Sumsel  dan PT Austrianing Nusantara bidang pembinaan prestasi di di Aula Koni Sumsel Lantai 3, Selasa (9/12) | Foto : Iqbal Basayef

Acara penandatanganan kerjasama KONI Sumsel dan PT Austrianing Nusantara bidang pembinaan prestasi di di Aula Koni Sumsel Lantai 3, Selasa (9/12) | Foto : Iqbal Basayef

Palembang – Untuk menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX, tahun 2016 mendatang di Jawa Barat, Sumatera Selatan menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Australia Selatan, PT Austraining Nusantara.

Kedua belah pihak telah sepakat ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman yang berlangsung di sekretariat KONI Sumsel lantai 3, Selasa (9/12) siang.

Wakil Ketua Umum (Waketum), II Koni Sumsel, Achmad Rizal mengatakan, kerjasama dengan perusahaan yang sudah berjalan selama 21 tahun di Indonesia ini bertujuan untuk pembinaan prestasi olahraga Sumsel dalam mendukung program Satuan Laksana (Satlak) Sriwijaya Cemerlang.

“Alasan kami memilih PT Austraining Nusantara ini karena memiliki konsep yang bagus dalam pembinaan olahraga. Nantinya juga bisa merekomendasikan pelatih yang seperti apa, Training Camp (TC) dimana, agar prestasi atlet Sumsel bisa lebih baik,” kata Rizal.

Menurut Rizal, Satak Sriwijaya Cemerlang sendiri sudah punya program dalam melakukan pembinaan atlet yang akan berpartisipasi pada pekan olahraga empat tahunan tersebut.

Namun begitu, Rizal menilai, PT Austraining Nusantara yang sudah berkiprah di 40 negara ini diyakini bisa membawa Sumsel lebih baik lagi dengan konsepnya yang lebih inovatif.

“Bila dibandingkan dengan China, masyarakat Australia lebih sedikit. Tapi karena konsep mereka bagus, secara prestasi olahraga mereka tak kalah jauh. Mari kita manfaatkan kesempatan ini agar PON 2016 nanti bisa lebih terarah dan cabor-cabor ini bisa lebih baik lagi,” urai Rizal.

“Intinya, kerjasama ini demi meningkatkan performa atlet khususnya untuk PON 2016,” tambahnya.

Sementara itu, CEO PT. Austraining Nusantara, Raymond Ash menucapkan terima kasih dan mengaku senang bisa bekerjasama dengan Koni Sumsel untuk meningkatkan pembinaan olahraga.

“Kami siap bekerjasama dengan Sumsel untuk meningkatkan prestasi, bukan untuk masuk 10 besar, tapi akan lebih baik dari itu,” kata Raymond.

Menurut Raymond, olahraga di Australia menjadi hal yang pertama dilakukan dalam pendidikan. Karena menurutnya, olahraga dapat menciptakan pemimpin-pemimpin yang handal.

“Kami akan melakukan pembinaan secara maksimal. Bisa dengan cara mendatangkan pelatihnya ke sini (Sumsel). Atau sebaliknya para atlet yang dibina datang ke Australia,” terang Raymond.

Raymond mengatakan, program kerja akan segera dilaksanakan secara cepat. “Secepatnya pelatihan akan kami laksanakan. Terpenting sekarang kesepakatan antara kami dan KONI Sumsel telah terlaksana,” pungkasnya.

 

Teks   : Iqbal

Editor   : Junaedi Abdillah

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *