Siapa Wakil Walikota Palembang ?

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Ucok Hidayat yang merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang di isukan akan menduduki kursi orang nomor dua di Kota Palembang. Namun, isu tersebut dibantah keras oleh Ucok.

Kata Ucok, untuk membicarakan soal Wakil Wali Kota terlalu dini. Ia mengaku lebih memilih jabatan sebagai Sekda Palembang dari pada Wakil Wali Kota Palembang.

“Saya fokus dengan tugas saya. Soal jabatan Wakil Wali Kota Palembang, saya rasa terlalu dini,” katanya, Selasa (9/12).

Ucok berharap, semua pihak dapat bersabar, karena sekarang proses hukum Wali Kota non aktif masih berjalan. Artinya, belum bisa dipastikan bersalah atau tidak.

“Prosesnya kan sedang berjalan. Ikuti saja dulu,” imbuhnya.

Sementara itu, pengamat Sosial Politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Adrian Saptawan mengatakan, sesuai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1 tahun 2014. Untuk menunjuk wakil kepala daerah jadi wewenang penuh kepala daerah.

“Jadi seorang kepala daerah mengajukan nama untuk mengisi wakilnya ke Gubenur, kemudian Gubernur meneruskan ke Mendagri,”katanya, saat dihubungi, Selasa (9/12).

Ditanya apakah pegawai negeri sipil (PNS) bisa jadi wakil kepala daerah ? Adrian menjawab, bisa. Tapi, untuk mendukung kinerja pemerintahan yang kuat, harus ada dukungan DPRD. Jadi, hal itu tentunya menjadi pertimbangan kepala daerah untuk memilih wakilnya dari abdi negara.

“Kala wakil kepala daerah tidak didukung oleh parlemen. Dipastikan akan menjadi masalah berlangsungnya proses pemerintahan. Contohnya di Jakarta, kan ada hambatan ketika Gubernurnya ingin memilih wakilnya dari birokrat, saya rasa demikian juga di Palembang,” katanya.

Menurut Adrian, untuk mendukung kekuatan di pemerintahan wakilnya harus dari parlemen. Paling tidak, harus mendapat persetujuan dari partai pengusung saat Pilkada.

“Itulah kode etik politik atau sopan santunnya. Tidak mungkin seseorang sudah didukung saat Pilkada, tiba-tiba meninggalkan begitu saja,” ujarnya.

 

TEKS    : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *