Korban Puting Beliung di Lubuklinggau Dapat Bantuan

Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menyerahkan langsung bantuan kepada para korban bencana puting beliung, Selasa (09/12/2014) | Foto Sri Prades

Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menyerahkan langsung bantuan kepada para korban bencana puting beliung, Selasa (09/12/2014) | Foto Sri Prades

LUBUKLINGGAU – Tiga hari pasca bencana alam angin puting beliung yang menghantam pemukiman penduduk Kelurahan Petanang Ulu Kecamatan Lubuklinggau Utara I Kota Lubuklinggau pada Sabtu (5/12) sore, para korban mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Lubuklinggau, Selasa (9/12).

Ada sebanyak 12 kepala keluarga (KK) di RT 04 dan RT 05, Kelurahan Petanang Ulu, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau yang terkena musibah anging puting beliung beberapa waktu lalu mendapatkan bantuan sembako dari pemerintah setempat melalui Dinas Sosial. Pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan keperihatinan atas musibah yang diderita oleh warga. Penyerahan bantuan langsung diberikan oleh Wakil Wali Kota H Sulaiman Kohar di Kantor Camat Lubuklinggau Utara II.

Kepala Dinas Sosial Kota Lubuklinggau, H. Abdullah Matcik didampingi Kepala Bidang Bantuan Sosial, Indra Syafei menerangkan bantuan yang diberikan kepada para korban puting beliung berupa, beras sebanyak 30 kilogram per kk, alat dapur, sarden, tikar, pakaian sekolah dasar , dan bahan pokok. Selain itu, korban bencana juga akan mendapat bantuan rehab rumah,namun belum dalam waktu dekat karena ada proses adminitrasi yang harus diajukan.

“Dana rehab kita ambil dari dana tanggap darurat yang ada di DPPKAD, tapi setelah pengajuannya masuk dari pihak kecamatan, dan akan diteruskan kepada DPPKAd, paling lambat senin pihak kecamatan harus ajukan itu,”tegasnya.

Lanjut dia bantuan ini disesuaikan dengan kerusakan dan plafon anggaran yang ada, setelah survey lapangan dan disesuaikan dengan harga rumah dan NJOP setempat.

“Tafsir nomimal berdasarkan kerusakan,kalau sebelum sebelumnya mendapat Rp 5-10 juta, tapi kita lihat dulu kerusakanya,” tutupnya.

Wakil Wali Kota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar menyampaikan musibah yang tidak diharapkan tersebut tentu mengandung hikmah tersendiri.

“Tidak ada satupun orang yang bisa menghindari musibah,bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah melalui Dinas sosial, bantuan ini mungkin tidak memenuhi keselurahan kebutuhan korban bencana,”katanya.

 

TEKS       : SRI PRADES

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *