Ketua DPRD Sumsel : Ada dua solusi untuk mengurangi tindak pidana korupsi

Ketua DPRD Sumsel, Giri Ramandha | Dok KS

Ketua DPRD Sumsel, Giri Ramandha | Dok KS

PALEMBANAG – Ada dua solusi untuk mengurangi tindak pidana korupsi. Satu diantaranya, dengan memperbaiki kesejahteraan para pegawai yang berhubungan dengan pelayanan publik.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Sumsel, Giri Ramandha Kiemas, menanggapi Hari Anti Korupsi, Selasa (9/12), kemarin.

“Sumbermasalahnya ada dua, pertama masalah kesejahteraan dan kedua kerakusan. Setiap orang tentu saja jika ada kesempatan melakukan dapat melakukan. Meski memang kembali ke diri masing-masing,” ujar Giri.

Dirinya menuturkan salah satu cara untuk mencegah tindak korupsi tersebut yakni dengan cara memperbaiki kesejahteraan pegawai yang berhubungan dengan pelayanan publik dan melakukan perbaikan mentalitas serta etos kerja untuk mengurangi tindakan tindakan koruptif.

“Selain ituv memberikan hukuman yang keras kepada para pelaku agar menekan permasalahan kedua kerakusan,” tegas dia.

Disinggung apakah tingkat kesadaran manusia untuk tidak melakukan korupsi, Giri menjelaskan, logikanya dengan meningkatnya tingkat pendidikan dan kesejahteraan akan menurunkan kadar korupsi.

“Akan tetapi konsumerisme yang hadir dalam kehidupan kita sehari hari bisa membuat kadarnya tidak turun dikarenakan adanya dorongan untuk mengkonsumsi lebih besar dibandingkan pendapatan,” tuturnya.

Seperti diketahui, meski telah dibentuknya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) namun tindak korupsi tetap saja terjadi. Bahkan di Sumsel tak sedikit para pejabat yang tersandung, seperti yang tengah hangat saat ini telah ditetapkannya mantan Walikota Palembang Romy Herton sebagai terdakwa atas tuduhan melakukan suap terhadap mantan Ketua Mahkamah Kontitusi (MK), Akil Muchtar saat pelaksanaan Pilkada Kota Palembang 2013 silam dan masuk dalam perkara korupsi dengan kewenangan pihak KPK.

 

Teks     : ARDHY FITRIANSYAH

Editor     : Junaedi Abdillah.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *