JK Akan Buka AUG XVII di Palembang

Jusuf Kalla , Ketua Umum PMI

Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia |

PALEMBANG – Malam ini, penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa se Asia Tenggara atau Asean University Games (AUG) 2014 akan dibuka secara langsung di Gelora Sriwijaya Jakabaring. Pihak panitia penyelenggara pun telah menyiapkan dan sudah menyebar 17.000 tiket untuk umum. Tiket itu sendiri selain masyarakat Sumsel sendiri, warga dari luar Sumsel pun bisa mendapatkan tiket ini.

Ketua Divisi Opening-Closing, Irene Camelyn mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) Bukit yang ditugaskan untuk membagi dan menyebarkan tiket undangan tersebut secara gratis.

“Mengenai teknis pengambilan tiketnya, silakan datang langsung ke kampus Unsri karena mereka yang memfasilitasi pembagian tiket ini,” urai Irene saat diwawancarai di kantor Pemprov, Selasa (9/12).

Dirinya menyebutkan, Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla (JK) direncanakan akan menghadiri dan membuka secara langsung acara olahraga mahasiswa tersebut.

“Memang pak JK sudah dijadwalkan akan datang. Karena tiap rapat selalu ada pihak pengaman dan protokol dari istana selalu ikut serta dalam rapat yang kita adakan,” imbuhnya.

Sebagai tuan rumah, lanjutnya, sebanyak 3.400 undangan VIP yang juga termasuk anggota DPR RI, DPRD Kota/Kabupaten se-Sumsel, Bupati/Walikota se-Sumsel, Gubernur se-Indonesia, duta besar negara sahabat, pejabat Lembaga Tinggi Negara, dan tokoh masyarakat pun disiapkan hadir untuk menghadiri acara ini.

Tak hanya itu, telah disiapkan 17.000 lembar tiket untuk masyarakat Sumsel, maupun pelancong dari luar kota yang hendak menyaksikan pembukaan gelaran olahraga mahasiswa terbesar di Asia Tenggara ini. Ia mengatakan, pihak Universitas Sriwijaya (Unsri) yang akan membagikan tiket gratis tersebut. “Untuk kapan dan bagaimana cara masyarakat untuk mendapatkan tiket itu, silahkan datang ke Unsri. Mereka yang memfasilitasi pembagian tiket,” kata dia.

Open gate dijadwalkan pukul 15.00 WIB. Pra opening akan dimeriahkan oleh beberapa pertunjukan seni lokal dan paduan suara. Pembuatan panggung, lighting, rigging dan persiapan pertunjukkan kembang api serta laser telah pada tahap akhir persiapan. Menurutnya, dalam upacara pembukaan, akan dimeriahkan teknolgi sinar laser untuk penyalaan obor. Selain itu, di sekeliling stadion dipasang kembang api.

Sementara, Koreografer Opening – Closing AUG 2014, Denny Malik menambahkan, sebanyak 600 penari kolosal. Para penari kolosal yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa se-Palembang ini nantinya akan menampilkan enam jenis tarian kolosal nusantara.

“Tidak semua tari tradisional kita tampilkan. Hanya diwakilkan dari beberapa daerah. Beberapa diantaranya adalah tarian khas Sumatera Selatan, Bali, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan, Jawa Timur, dan Papua,” paparnya.

Awalnya ada 1.050 penari yang akan ditampilkan. Namun setelah proses seleksi menjadi 750 penari, terdiri dari 500 penari untuk opening dan 250 penari untuk closing. Tarian akan diiringi dengan musik orkestra dan musik pop.

“Musik yang menjadi latar penari akan diaransemen senergik mungkin dan mewujudkan semangat anak muda yang energik. Sejumlah artis mulai dari Gigi, Tulus, Marcel, Gita Gutawa dan Fitri Karlina akan diiringi oleh orkestra Otti Jamalus,” ujarnya.

Pertunjukan kembang api pun akan memeriahkan acara pembukaan event olahraga mahasiswa terbesar se-Asia Tenggara ini. Display kembang api akan didesain oleh Doni, salah satu designer display kembang api kenamaan Indonesia. Jenis kembang api yang digunakan pada AUG kali ini, sama dengan kembang api yang digunakan di Olimpiade dan Asian Games di Incheon, Korea Selatan lalu.

 

TEKS    : IMAM MAHFUZ
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *