BPDB Empat Lawang Terima Bantuan Alat Damkar

EMPAT LAWANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang mendapatkan bantuan dari Pemkab Empat Lawang dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat. Bantuan tersebut berupa satu unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan satu unit truk serbaguna.

Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut kinerja BPBD Empat Lawang semakin bagus dan cepat menanggulangi bencana, salah satunya bencana kebakaran.

Kepala BPBD Empat Lawang Hasbullah HA menjelaskan satu unit Damkar merupakan bantuan dari APBD Pemkab Empat Lawang. Sementara satu unit truk serbaguna bantuan dari BNPB Pusat. Untuk mobil Damkar kapasitas muatan airnya sekitar enam ton. “Nanti setelah diserahkan secara resmi, mobil Damkar itu akan kami serahkan ke Zona 5 UPTB Kecamatan Pasemah Air Keruh. Mobil Damkar ini merupakan mobil yang terbesar dan terbaru di Empat Lawang,” ujar Hasbullah kemarin.

Untuk petugasnya, lanjut Hasbullah, sudah disiapkan dan diberi pendidikan sebelumnya. Pihaknya menugaskan warga setempat karena sudah mengetahui medan di daerah tersebut, namun sebelumnya sudah dilakukan pelatihan dan pendidikan. “Kami menugaskan warga setempat namun sudah diberi pendidikan dan pelatihan,” jelasnya. Bukan hanya itu saja, di awal tahun 2015 nanti, BPBD Empat Lawang akan mendapatkan lagi dua unit mobil Damkar dari APBD Pemkab Empat Lawang.

Terpisah Ibrahim (36) salah satu warga Tebing Tinggi, ia mengharapkan BPBD lebih sigap dan tanggap melakukan penanggulangan bencana, terutama bencana kebakaran. Sebab, bencana kebakaran itu jika tidak diatasi segera bisa merambat dan semakin besar.

“Kalau ada bencana kebakaran harus cepat. Apalagi rumah di tempat padat pemukiman yang terbakar, jika telat melakukan pemadaman bisa-bisa puluhan rumah hangus bahkan bisa memakan korban jiwa,” tukasnya.

TEKS:SAUKANI
EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *