Alex Serahkan SK, Kini Harnojoyo Plt Wako Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersalaman usai menyerahkan SK Plt Wali Kota Palembang kepada Harnojoyo. | Dok KS

Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersalaman usai menyerahkan SK Plt Wali Kota Palembang kepada Harnojoyo. | Dok KS

– Jabatan Plt Wako Palembang Siap Dijalankan

PALEMBANG – Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Harnojoyo secara resmi menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota. Itu, setelah adanya serah terima Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dilakukan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di kantor Pemprov, Selasa (9/12).

Ucap Alex Noerdin penyerahan Plt Wali Kota Palembang kepada Harnojoyo ini, karena sebelumnya pihak Pemprov telah melayangkan surat ke Kemendagri untuk menindaklanjuti status Harnojoyo yang diangkat sebagai Plt.

“Jabatan Plt Wako Harnojoyo ini sampai adanya putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap terhadap Romi Herton,” ujar Alex Noerdin, di ruang kerjanya, Selasa (9/12).

Ungkap Alex dengan penunjukan pejabat Plt ini, menjadi tugas wali kota kedepan akan lebih berat lagi karena banyak pekerjaan yang akan dihadapi dan dilanjutkan kedepannya.

“Kota Palembang merupakan barometer Provinsi Sumsel, sehingga membutuhkan koordinasi yang baik antara pemerintah kota dengan provinsi. Apalagi sekarang kota Palembang banyak menggelar event nasional dan internasional,” katanya.

Sebut Alex, jabatan ini masih sebagai Plt, untuk wewenangnya sama saja dengan jabatan Wako. Kalau pun ada hal internal di pihak pemkot yang ingin melakukan perombakan atau yang sangat vital di pemerintahan, seyogyanya harus mengkoordinasikan dengan Pemprov.

“Kita sekarang ini juga masih menunggu keputusan pengadilan, apakah saudara Romi betul divonis bersalah atau tidak. Seandainya dinyatakan tidak, maka Romi kembali menjabat lagi. Kalau betul bersalah, maka ada tahapan untuk penetapan bagi Harno kembali,” tegasnya.

Plt Wako Palembang Harnojoyo mengungkapkan, bahwa setelah dirinya ditetapkan sebagai Plt Wako, ia merasa tidak terlalu jumawa bahkan ia merasa biasa-biasa saja. Bagi dirinya sekarang untuk bekerja membawa Palembang lebih baik lagi.

 

“Sekarang bagi saya ialah bekerja dan melanjutkan program-program kerja walikota sebelumnya yang sempat tertunda,” katanya.

Ujar Harno, sejauh ini walaupun belum ditunjuk sebagai wako Palembang, dirinya telah berbuat lebih banyak untuk kemajuan Kota Palembang.

“Na, sekarang bisa dilihat kemajuan kota Palembang selama beberapa bulan ini, bahkan Palembang sudah meraih adipura kencana. Serta beberapa ekonomi kerakyatan berkembang dengan baik dengan banyaknya event yang digelar selama ini,” jelasnya.

Terkait konsolidasi selama ini dengan jajaran Pemkot, ia selalu mengajak rapat internal kepada semua pejabat Pemkot untuk melanjutkan program.

 

TEKS   : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *