Air tak Mengalir, Laporkan Ke PDAM

Warga manfaatkan pipa Air PDAM yang bocor di Sukabangun II, beberapa waktu lalu. | Foto : bagus Kurniawan

Warga manfaatkan pipa Air PDAM yang bocor di Sukabangun II, beberapa waktu lalu. | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Direktur tekhnik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang, Stephanus meminta kepada pelanggannya agar melaporkan ke pihaknya apabila ada masalah dalam pendistribusian, air tidak mengalir maupun kualitas air tidak jernih.

Stephanus mengatakan, untuk distribus ke pelanggan akan terganggu apabila PLN memadamkan listrik. Jadi, sebutnya hal itu merupakan wewenang PLN.

“Sementara untuk kualitas air, setiap jam kami lakukan pengecekan. Jadi kalau ada keluhan bahwa air kekuning-kuningan atau berkarat, kemungkinan disebabkan pipa distribusi ke pelanggannya bocor,”katanya, Selasa (9/12).

Jelas Stephanus, untuk proses pengolahan air bersih sendiri menggunakan air baku dari Sungai Musi. Kemudian di lakukan pengolahan di Instalasi Pengolahan Air (IPA) kemudian baru di distribusikan ke pelanggan.

“Dalam melakukan pengolahan, butuh waktu lebih kurang dua jam. Barulah air di distribusikan kepada pelanggan,” katanya.

Ujar Stephanus, bagi pelanggan PDAM bisa melaporkan ke call center 355222 terkait keluhan. Sehingga bisa segera ditindaklanjuti.

“Pelanggan tinggal sebutkan lokasinya dimana. Petugas kami akan langsung kroscek ke lapangan,” imbuhnya.

Terpisah, Plt Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, masyarakat Palembang juga perlu tau terkait pelayanan air bersih. Karena selain PDAM Tirta Musi ada juga perusahaan swasta yang melayani air bersih.

“Air PDAM kita sudah melalui proses pengujian. Tapi, jika didapati air yang di distribusikan ke masyarakat keruh dan lainnya, kemungkinan terjadi kebocoran pipa IPA ke pipa pelanggan,” katanya.

Jadi, sambungnya, apabila mendapati masalah terkait PDAM, tidak bisa langsung menyalahkan PDAM. Karena, semua proses pengolahannya dilakukan dengan baik.

“Bisa saja kesalahan warga sendiri karena salah memasang pipa tambahan dan lainnya,” jelasnya.

 

TEKS     : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *