Ribuan Pelajar Ramaikan Asean University Games 2014

Palembang – Ribuan pelajar akan dilibatkan untuk meramaikan perhelatan Asean University Games (AUG) ke-17 2014 di Palembang, 10-21 Desember.

Keterlibatan para pelajar ini tak lain demi memberikan dukungan kepada atlet Indonesia yang akan bertanding.

“Selain untuk memeriahkan dan turut menyukseskan AUG 2014 ini. Pastinya para pelajar yang dilibatkan ini untuk dijadikan suporter bagi kontingan Indonesia,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, Ahmad Zulinto saat dihubungi wartawan, Senin (8/12).

Dipaparkan Zulinto, adapun peserta didik yang dilibatkan ini mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA, SMK sederajat yang berada kota Palembang. Ditotalkan berjumlah 224 lembaga pendidikan dengan rincian 67SD/MI, 67 SMP/Mts (67), 90 sekolahan tingkat (SMA/SMK/MA).

“Dari 224 sekolahan yang dilibatkan ini diperkirakan akan ada 22.400 siswa/siswi dan setiap hari setidaknya kita akan melibatkan 2.800 pelajar dibagi dua shift, pagi dan sore untuk menyebar ke venue-venue untuk mensuport atlet Indonesia. Mungkin sekitar 200 pelajar disetiap venue,” jelas Zulinto.

Menurut Zulinto, sekolah-sekolah yang dilibatkan ini tentunya telah disaring terlebih dahulu seperti memprioritaskan sekolah yang berada di kecamatan Seberang Ulu atau di sekitar venue. Begitupula untuk usia pelajar disesuaikan dengan cabor yang dipertandingkan.

Untuk anak-anak tingkat SD tidak perkenankan menonton cabor yang memancing syahwat seperti voli pantai. “Kita memang sengaja membagi dan memilah cabor yang patut untuk ditonton, khususnya anak SD. Kalau untuk cabor lainnya tidak ada masalah. Mereka juga akan dikomandoi oleh guru mereka,” urainya.

“Mudah-mudahan dengan dukungan seperti ini POM Asean akan lebih meriah. Bukan hanya dirasakan mahasiswa namun seluruh masyarakat, termasuk pelajar,” pungkasnya.

 

Teks   : Iqbal

Editor   : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *