Pengamat : Sosok Agung Lebih Paham “Roh” Golkar.

pengamat politik asal Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr Ardiyan Saptawan, | Dok KS

Pengamat politik asal Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr Ardiyan Saptawan, | Dok KS

PALEMBANG – Terkait perpecahan internal ditubuh Partai Golkar yang terjadi saat ini, pengamat politik asal Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr Ardiyan Saptawan, menilai sosok Agung Laksono dan Priyo Budi Santoso lebih memahami “roh” Partai berlambang pohon beringin (Golkar) sebagai kader lebih senior dibandingkan para kader yang ada di bawah pimpinan Ketua Umum (Ketum) Aburizal Bakrie (ARB).

“Banyaknya pendatang baru ditubuh Golkar bukan tidak mungkin akan menjadi boomerang. Bisa terjadi karena menempatkan kader yang belum sepenuhnya memahami partai,” ujar Ardiyan saat ditemui, Senin (8/12).

Diungkapkan Ardiyan, kader yang kini terlibat dalam struktur kepengurusan partai Golkar periode 2014-2019 sebagian merupakan pendatang baru yang tidak sepenuhnya memegang pemahaman tentang partai berlambang pohon beringin.

“Imbasnya, Partai Golkar dapat melemah hingga merosot menjadi partai menengah. Karena kader yang disingkirkan merupakan kader potensial dengan konstituen yang banyak. Tak hanya itu, perolehan suara Golkar pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, dapat mengalami penurunan drastis,” terang dia.

Bahkan menurut Ardiyan, tidak menutup kemungkinan bagi partai yang selama ini berada di bawah Golkar seperti PAN dapat menyalip. Demikian juga NasDem. “Kalau terus berlarut, bisa saja terjadi kan,” pungkasnya.

 

Teks   : ARDHY FITRIANSYAH

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *