Kapolres OKI : Operasi Zebra Untuk Tekan Angka lakalantas di OKI

KAYUAGUNG – Pemandangan berbeda tampak jelas terlihat disepanjang jalan protokol kota Kayuagung, puluhan polisi dari Satlantas sering sekali terlihat di jalan menggelar razia. Razia ini merupakan rangkaian razia zebra yang bertujuan untuk menertibkan pelanggaran lalulintas sekaligus untuk menekan angka kecekalakaan lalulintas (lakalantas),khususnya di wilayah hokum Polres OKI.

Kapolres OKI AKBP Erwin Rachmat,Sik melalui Kasat Lantas, AKP Haris Batara Simbolon, dalam kesempatan di sela-sela kegiatan razia itu, mengatakan, razia digelar dalam rangka operasi zebra 2014 yang dimulai 26 November hingga 9 Desember nanti bertujuan menciptakan kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Operasi ini digelar untuk menekan jumlah pelanggar lalu lintas, untuk nekan angka lakalantas   dan tak kalah penting guna menutup ruang bagi para pelaku tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor,” ujarnya.

Kata Haris, seperti diketahui, titik pelanggaran  sesuai target operasi, yakni yang tidak memakai helm depan dan belakang, yang melawan arus. Para pengendaran wajib melengkapi kendaraan seperti, SIM, STNK, memakai plat kendaraan sesuai ketentuan yang berlaku, khusus pengendara roda 2 harus menghidupkan lampu utama pada saat siang hari.

“Jika hal tersebut dilanggar maka petugas Satlantas Polrs OKI bakal menilang atau menegur pengendara sesuai pelanggarannya,” tegasnya.

Hingga memasuki hari terakhir  operasi zebra ini, kata dia ada ratusan lebih jumlah pelanggar yang telah ditilang. Ujar dia walaupun sudah sering diperingatkan, namun sebagian para pengendara, khususnya di wilayah Kabupaten OKI masih saja ada yang melanggar peraturan lalulintas.

Ditambahknnya, pelanggaran ini didominasi oleh kendaraan roda 2 dibandingkan kendaraan lainnya.

“Karena memang jumlah kendaraan roda 2 paling banyak dibanding kendaraan lainnya,” tandasnya.

 

TEKS     : DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *