Gencarkan Realisasi Pajak, Dispenda Sumsel Tambah Mobil dan Samsat Corner

Ilustrasi samsat-corner | Ist

Ilustrasi samsat-corner | Ist

PALEMBANG – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sumatera Selatan memperbarui sistem pelayanan program Wajib Pajak. Rencana tersebut dikembangkan melalui pelayanan ‘Super Prima’, sistem pembayaran pajak yang lebih praktis secara online, khususnya untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Sebelum merealisasikan program tersebut di 2015 mendatang, Dispenda Sumsel pun melakukan survey dan pengecekan pelayanan mobil keliling dan Samsat Corner di Palembang.

Hal tersebut dilakukan kemarin (8/12) dengan mengecek dua lokasi yang ada di Palembang bersama Jasa Raharja dan Ditlantas Polda Sumsel.

Titik pertama yang dikunjungi yakni pelayanan mobil keliling di Simpang Polda dan dilanjutkan ke Samsat Corner di PTC Mall.

“Ini kami lakukan bersama guna melihat pelayanan yang ada saat ini. Dan mengecek keefektifannya. Nanti pada 2015 kita akan gunakan sistem online,” ujar Kepala UPTD Dispenda Kota Palembang, Dirmansyah didampingi Kasi STNK, AKP Andi Supriadi.

Dengan sistem online tersebut, kata dia, maka wajib pajak tidak perlu antre berlama-lama di loket pembayaran. Namum bisa melakukan cara pembayaran melalui mesin ATM dan bisa dilakukan dengan aplikasi perbankan e-banking dan m-banking.

Sistem itu nantunya bekerja sama antara Dispenda Sumsel dengan pihak ketiga yang berpengalaman membangun sistem bayar pajak online dan diakui secara nasional.

“Kami sudah bekerjasama sebelumnya dengan Bank Mandiri dan BSB. Kedepan kami akan jalin kerjasama dengan BRI,” jelasnya.

Hal itu dilakukan untuk memangkas birokrasi yang ada di Kantor Samsat agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk kenyamanan serta menunjang realisasi target wajib pajak dalam memberikan dukungan kepada pemerintah terhadap pembangunan daerah.

Selagi sistem pembayaran pajak online berjalan, untuk masyarakat tetap diberikan pilihan untuk melakukan pembayaran secara manual di kantor Samsat seperti biasa.

“Tahun depan, kami akan meningkatkan layanan ini juga, yakni menambahan pos pelayanan pembayaran PKB, meliputi pengadaan Samsat Keliling dan pendirian Samsat Corner.

Ditambahkan Andi, pengecekan dan survey tersebut dilakukan guna melihat lebih dekat pelayanan kepada masyarakat di mobil keliling dan Samsat Corner.

“Memang saat ini pelayanan ini masih sangat kurang fasilitas. Apalagi untuk pembayaran pajak secara manual. Saat ini baru ada satu mobil keliling dan satu Samsat Corner,” ujarnya.

Pihaknya mengukur perlu adanya pelayanan tambahan terlebih untuk fasilitas yang mendukung.

“Standarnya, kita harus punya 6-7 mobil keliling dan Samsat Corner. Mobil keliling saat ini juga baru ada di Pagaralam. Karenanya layanan e-Samsat sangat perlu agar bisa meminimalisir kurangnya pelayanan pembayaran pajak,” pungkasnya.

 

TEKS     : IMAM MAHFUZ
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *