30 Persen Kotak Sampah di Kota Palembang Hilang

Ilst. Kotak Sampah | Dok KS

Ilst. Kotak Sampah | Dok KS

PALEMBANG – Kotak sampah yang disediakan Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang di sejumlah jalan maupun di tempat keramaian di Metropolis banyak hilang. Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Kebersihan Lingkungan Masyarakat, DKK Palembang Armansyah mengatakan, dari 250 kotak sampah yang ada saat ini 30 persen diantaranya hilang di curi oknum tidak bertanggungjawab.

“Yang hilang sekitar 75 kotak sampah. Sekarang masih sisa 175 kotak sampah lagi,” ungkapnya, Senin (8/12).

Sambungnya, atas kejadian hal itu, pihaknya sangat menyayangkan prilaku buruk tersebut. Karena kotak sampah itu merupakan aset daerah yang seharusnya di jaga dan dirawat.

“Kotak sampah itu merupakan pemberian Badan Usahan Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan swasta yang ada di Palembang melalui dana Corporate social responsibility (CSR),” katanya.

Armansyah mengaku, kasus pencurian kotak sampah itu banyak terjadi di titik-titik minim penerangan atau pun kawasan yang masih dianggap rawan. Seperti, Kertapati dan lainnya.

“Kalau kotak sampah yang ada di pusat keramiana seperti, Kambang Iwak (KI), taman Polda, Jakabaring dan lainnya masih ada,” akunya.

Armansyah berharap, masyarakat dapat menjaga dan merawat aset daerah tersebut. Jangan sampai dirusak dan dicuri. Ia menegaskan, apabila kedapatan melakukan pencurian, pihaknya akan bertindak tegas.

“Tidak mungkin harus di awasi setiap waktu. Karena SDM yang terbatas, jadi peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Yang kedapatan mencuri akan kami serahkan pada pihak berwajib,” tegasnya.

Selain itu, Armansyah menambahkan, pihaknya juga berharap masyarakat bisa tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih. Sehingga, harapan untuk kembali meraih Piala Adipura Kencana dapat terwujud seperti tahun sebelumnya.

“Kalau lingkungan bersih, hidup akan sehat, mudah-mudahan kebersihan Palembang dapat terus ditingkatkan,” katanya.

 

TEKS    : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *