Sumsel Tuan Rumah Asian Games 2018?

Komplek Olahraga Jakabaring Palembang | Dok KS

Komplek Olahraga Jakabaring Palembang | Dok KS

PALEMBANG – Persiapan perhelatan event olahraga Negara Asia atau Asian Games yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2018 mendatang terus dimatangkan. Jakabaring Sport City (JSC) saat ini jadi solusi tepat untuk beberapa ketidaksiapan venue olahraga di Jakarta yang menurut Kementrian Pemuda dan Olahraga belum siap 100 persen. Demikian diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi yang diwawancarai usai melakukan tinjauan ke Jakabaring Sport City, Jumat (5/12) pagi.

Imam Nahrawi, mengaku puas dengan perkembangan kawasan Jakabaring Sport Center (JSC) usai memantau persiapan jelang digelarnya Asian University Games (AUG) 2014, bersama Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, kemarin. Dirinya menilai kawasan seperti JSC sangat dibutuhkan untuk perkembangan olahraga di Indonesia sehingga perlu dicontoh setiap daerah.

“Untuk perkembangan olahraga semua daerah harus punya kawasan olahraga seperti JSC, Kedepan kami minta setiap daerah di Indonesia harus belajar pada Sumsel,” katanya.

Sebelumnya, kedatangan Imam guna memantau persiapan 20 venue cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam AUG 2014 sekaligus untuk mempersiapkan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendatang.

Menurut Menpora, dari 20 venue yang dipersiapkan untuk 22 cabang olahraga cabor AUG 2014 secara teknis semuanya telah siap untuk menggelar pertandingan. Bahkan infrastruktur penunjangnya, seperti wisma atlet Ia nilai juga sudah lebih dari cukup.

“Bahkan untuk Asian Games 2018 nanti, saya rasa kawasan JSC pun sudah cukup siap, Palembang harus kita suarakan jadi rumah tunggal disini, tapi tentu kita masih menunggu kesiapan Jawa Barat dan DKI Jakarta,” urainya.

Terkait persiapan ini, Gubernur Sumsel H Alex Neordin menjelaskan, setiap venue cabang olahraga di Kawasan JSC terawat dengan baik karena selain selalu dipergunakan untuk berbagai even nasional dan Internasional, kawasan JSC juga termaintennance secara berkelanjutan.

“Itulah fakta objektifnya, Sumsel sangat beruntung punya JSC, kami akan upayakan Sumsel bisa jadi tuan rumah tunggal pada Asian Games 2018 nanti,” bebernya.

Kata Alex, penunjukan tuan rumah Asian games 2018 agar bisa tetap di Palembang bukan sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah RI tetapi melainkan oleh Olympic Council of Asia (OCA). Namun bedasarkan pertimbangan objektif secara persiapan Alex menyatakan Sumsel yang paling siap dari daerah lain.

“Jadi wajar saja banyak pihak yang menginginkan Sumsel tuan rumah penuh Asian Games, bulan Januari 2015 nanti perwakilan Olympic Council Asia akan meninjau langsung JSC,” ujarnya.

Alex menyebut kawasan JSC Jakabaring masih memiliki 300 hektar lagi, sehingga. Sumsel bisa mengupayakan menyulap kawasan JSC jadi Nasional Sport Center Indonesia. Dengan begitu, menurutnya daerah ini tak cuma jadi pusat segala olaharaga, tetapi juga pelatnas karena semua altit dapat berlatih dan digembleng disini agar berprestasi.

“Kita juga tak cuma punya fasiltas memadai, tetapi pembinaan dan pelatihan juga bisa kita bangun lengkap di sini,” pungkasnya.

 

TEKS      : IMAM MAHFUZ
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *