Kapolda Sumsel Ajak Masyarakat Sukseskan ASEAN University Games

lintas--Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Iza Fadri SIK SH MH. Foto ; Bagus Kurniawan KS

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Iza Fadri SIK SH MH. Foto ; Bagus Kurniawan KS

PALEMBANG – Untuk mensukseskan jalannya pelasanaan ASEAN University Games (AUG) 2014 pada tanggal 7 Desember, yang akan digelar di Palembang, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan (Sumsel), Inspektur Jendral Polisi (Irjend Pol) Iza Fadri, mengajak masyarakat agar tidak berbuat kriminal saat bertemu dengan peserta ASEAN University Games (AUG).

“Kalau mereka nanti pulang ke negara masing-masing, pasti mereka akan menceritakan kenangan pengalaman selama berada di Palembang. Untuk itu, mari kita buat kenangan yang terindah untuk mereka ceritakan kepada keluarga dan kerabat mereka yang ada di negara masing-masing,” jelas Kapolda.

Lanjut Iza, bahwa tanggung jawab keamanan terhadap peserta AUG 2014 tidak hanya milik Polri ataupun TNI. Menurutnya, seluruh lapisan masyarakat juga bisa membuat peserta AUG nyaman berada di Palembang.

Tentu saja, itu bisa dilakukan dengan tidak memanfaatkan peserta menjadi korban tindak kriminal, entah itu pencurian, perampokan, atau bentuk kriminal lain. Iza memastikan, dengan apel pasukan yang digelar, Polda Sumsel dan jajaran sudah siap mengamankan pelaksanaan AUG 2014. P

Polda Sumsel dan jajaran menerjunkan 1.006 personil dan akan ditempatkan di dalam, di sekitar, ataupun di luar Gelora Jakabaring Palembang. Masing-masing tempat sudah ditugaskan sejumlah personil, yang akan bertindak secara tertutup dan terbuka.

Dalam pelaksanaannya, Polda Sumsel dan jajaran tidak seorang diri. TNI dan Sat Pol PP kota serta provinsi juga sudah menyatakan siap bekerja maksimal mengamankan dan melancarkan pelaksanaan AUG. Siapa saja yang kedapatan berbuat tindak kriminal, akan langsung ditindak dan diproses sesuai bentuk kriminal yang dilakukan.

Khusus untuk pengamanan presiden, yang rencananya akan membuka pelaksanaan AUG 2014, Iza mengatakan tugas Polri hanyalah membantu kinerja TNI-AD. Pasalnya, instansi yang ditugas mengawal Joko Widodo dan rombongan adalah TNI beserta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

Polda Sumsel dan jajaran juga sudah siap melaksanakan tugas ini. “Mari sukseskan AUG 2014 di Palembang karena ini menyangkut harkat dan martabat negara. Kita semua pasti bangga jika keramahtamahan masyarakat Palembang terdengar hingga telinga masyarakat ASEAN,” pungkas Iza.

 

TEKS   : Oscar Ryzal

EDITOR  : SARONO P SASMITO

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *