Harusnya Sumsel Over Daya Listrik

Pembongkaran perangkat listrik oleh petugas di kawasan proyek pembangunan Underpass simpang Patal,Palembang, Kamis lalu.

Pembongkaran perangkat listrik oleh petugas di kawasan proyek pembangunan Underpass simpang Patal,Palembang, Beberapawaktu Lalu. | Dok KS

PALEMBANG – Pemadaman listrik bergilir yang  sering terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel), menjadi tanda tanya besar disaat Sumsel menjadi provinsi pemasok sumber energi ke berbagai provinsi terdekat. Hal ini turut dipertanyakan Kepala Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumsel, Ahmad Rizal.

“Sumsel sebagai pemasok sumber energi, tapi kenapa listrik masih saja padam di Sumsel. Kita yang mempunyai sumber energi, jadi seharusnya kelebihan sumber energi baru di kirim setelah memenuhi kebutuhan di Sumsel dulu,” ujarnya saat menjadi pemateri pada Seminar Outlook Ekonomi dan Keamanan Berbisnis 2015 di Sumsel, di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, beberapa hari lalu.

Untuk masalah pemadaman listrik se-Sumatera, Ahmad Rizal tak sependapat jika menggunakan azaz keadilan sama rata. Karena sebagai pemasok sumber energi, seharusnya Sumsel tidak perlu kekurangan sumber energi yang mengakibatkan sering terjadi pemadaman listrik.

Tentunya hal ini juga dapat merugikan di bidang industri, seperti para investor bisa menarik diri karena fasilitas listrik yang tidak mendukung.

“Untuk pengusaha kecil juga akan dirugikan. Mereka harus terus berproduksi namun listrik tidak memadai. Untuk membeli genset juga membutuhkan dana yang besar,” ucapnya.

 

TEKS   : YUNI DANIATI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *