“Urusan tak Mesti Naik ke Sekda”

LUBUKLINGGAU – Pegawai Negeri Sipil Lingkungan Pemerintah Kota Lubuklinggau menjerit karena pekerjaan sering terhambat karena Sekretaris Daerah (Sekda) akhir-akhir ini sering Dinas Luar (DL).

“Sesuai instruksi pada saat pelantikan sekda dulu, pak gubernur mengingatkan agar Sekda stabye atau jaga gawang, karena urusan adminitrasi,pencairan chek-chek keuangan SKPD itu wewenang Sekda,” ungkap salah seorang PNS Lubuklinggau yang minta namanya disamarkan kepada Kabar Sumatera, Kamis (4/12).

Dikatakan sumber koran ini Sekda memegang wewenang penuh yang berhubungan dengan pencairan chek SPPD dari DPPKAD,karena sebelum pencairan harus naik ke Sekda terlebih dahulu.

“Jadi bagian keuangan sia-sia begawe ngejar-ngejar gawean kalo Sekda idak ado ditempat. Terhambat baik internal pemkot dan lain-lain, karena diokan Selaku kepala administrasi di pemkot surat penting, disposisi dan lain-lain jugo terhambat gara-gara keseringan DL tu,”keluhnya.

“Dio makai surat kuasa ke asisten untuk pelimpahan tugas,cuma untuk urusan keuangan pencairan dan lain-lain tetap harus sekda,tidak bisa diganti,” tambahnya.

Menurutnya, Sekda harus standby karena sekda menjalankan kebijakan Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe,dan Wakil Walikota,H Sulaiman Kohar.

“Kami ni la jerit galo di Pemkot ni, makan ati jadinyo,gawelah ngejar-ngejar, jadi tehambat Sekda dak ado ditempat,tiap minggu nian katek di tempat,”akunya.

Sementara itu, Sekda Lubuklinggau, H Parigan Syahrin saat dikonfirmasi Kabar Sumatera, melalui sambungan teleponya, menanggapi dingin keluhan aparatur pemerintah Kota Lubuklinggau tersebut. Sebab ia mengaku sebelum melakukan Dinas Luar sudah memberikan surat kuasa kepada para asisten untuk pelimpahan tugasnya.

“Tidak mungkin setiap saat harus ada ditempat, dan tidak mesti Sekda yang melakukanya, kan ada asisten-asisten, saya sudah memberikan surat kuasa pelimpahan tugas kepada mereka selagi saya DL,”kata Sekda.

Ia mengakui bahwa saat ini ia tengah Dinas Luar melakukan rapat membahas TPID,dan ia mengaku dinas luarnya tidak setiap hari.

“Urusan pencairan SPPD tidak mesti ke Sekda, bisa ke Bagian Keuangan, tidak harus naik ke saya dulu,”ujar Sekda.

 

TEKS     : SRI PRADES
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *