Tiga Warga Tanjungenim Terjangkit HIV

Ilst.

Ilst.

MUARAENIM – Sebanyak tiga orang warga Kota Tanjungenim Kecamatan Lawang Kidul, Muaraenim dilaporkan terjangkit virus Human Immunodeficiency Virus (HIV). Sekarang ini, ketiga orang tersebut dalam pantauan dari Dinas Kesehatan setempat dan diupayakan untuk pemulihan.

“Ada tiga orang terjangkit HIV positif, tetapi kami tidak bisa sebutkan namanya. Jadi mohon maaf pak,” tutur dr Baskara Batista dari Puskesmas Tanjung Enim saat mengisi materi penyuluhan kesehatan dalam rangka hari AIDS sedunia.

Saat ini, kata dia, pihaknya hanya memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang melanggar tata norma agama dan kemasyarakatan. Seperti jangan melakukan sex bebas dengan berganti-ganti pasangan.

Kegiatan konsumsi narkoba dengan bergantian jarum suntikan. Dirinya juga mengajak kepada warga untuk hidup sehat dan tidak mengasingkan atau membatasi sosiaalisasi dengan penderita yang sering di sebut Oda.

“Jangan takut bergaul dengan Oda, justru kita bantu dengan memberikan semangat hidup kepada mereka,” ucapnya.

Kepada generasi muda dan para pelajar di Kecamatan Lawang Kidul, Baskara mengingatkan untuk menjauhi hal-hal yang bisa menimbulkan penularan HIV/AIDS.

“Yang jelas kita berikan himbauan kepada anak-anak untuk tidak melakukan sek bebas, narkoba, menggunakan jarum suntik bergantian, dan jangan menjauhi orang Oda (orang yang terjangkit AIDS,red), justru malah kita bantu supaya sembuh,” terang Baskara.

 

TEKS    : SISWANTO
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *