RTH Masih Terkendala Lahan

LUBUKLINGGAU – Hingga saat ini Kota Lubuklinggau belum memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) kendalanya salah satunya soal lahan yang tersedia. Padahal RTH memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai penyerap polusi, ruang publik dan sebagai lokasi taman rekreasi keluarga.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Lubuklinggau, Albey Roni kepada Kabar Sumatera menerangkan bahwa pihaknya sudah mewacanakan usulan untuk pemilihan lokasi RTH di Lubuklinggau kepada dinas terkait agar wacana tersebut dapat terealisasi.

“Kita memang belum ada RTH, karena kota Hijau itu misalnya di lorong atau dijalannya banyak ditumbuhi pohon penghijauan. Nah memang ada wacana usulan untuk RTH,” ujarnya.

Kantor Lingkungan Hidup,lanjut dia mengusulkan RTH dibangun disekitar Jalan Ahmad Yani Kelurahan Petanang, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, tepatnya depan kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan di depan gedung baru DPRD Lubuklinggau.

Pihaknya hanya sebatas mewacanakan usulan,sebab untuk pemilihan tanaman atau pohon yang akan ditempatkan di RTH kewenangan dari Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan Lubuklinggau.

Terpisah, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Lubuklinggau,Alha Warizmi mengakui memang selama ini Lubuklinggau belum memiliki RTH. Sebab beberapa kendala dihadapi salah satunya soal lahan. Sehingga RTH belum tercipta, akan tetapi kedepan rencana tersebut diharapkan terwujud.

“Pak Wali sempat mewacanakan pemilihan RTH dikawasan depan kompi. Namun hal itu masih perlu perizinan dan koordinasi lebih lanjut kepada pihak terkait selaku pemilik lahan,”terang Alha

Kedepan, kata Alha, Pemkot Lubuklinggau akan membangunan lokasi taman inspirasi sebagai tempat ruang publik. Dimana pemilihan lokasi direncanakan mulai dari simpang DKP hingga depan kantor DPRD Lubuklinggau dengan luas lebih kurang sekitar 3 hektar.

“Disitu juga nanti dibuat taman, penghijauan sehingga menjadi taman aspirasi atau publik. Seluruh seniman akan berkumpul disana, dan nantinya ditambah wifi. Rencana itu tahun 2015 nanti,”jelasnya.

 

TEKS   : SRI PRADES
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *