Empat Lawang Rawan Longsor

EMPAT LAWANG – Hampir seluruh wilayah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) rawan dengan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Nah, di Kabupaten Empat Lawang sendiri wilayah yang rawan bencana tanah longsor yakni di Kecamatan Pendopo Barat dan Ulu Musi.

Sementara untuk wilayah rawan banjir yakni di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker). Untuk di Paiker banjir memang kerap terjadi hampir setiap tahun, salah satu penyebabnya yakni pendangkalan sungai.

“Di Empat Lawang ini rawan tanah longsor dan banjir. Di Paiker sering banjir karena luapan Sungai Keruh tapi bukan banjir bandang. Selain itu rumah-rumah warga dekat sekali dengan sungai dan daratannya tidak tidak terlalu tinggi dengan sungai,” ujar Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Empat Lawang, Edison Jaya melalui Kabid Sosial, Eka Agustina, kemarin (4/12).

Guna menyiapkan bantuan tenaga pra dan pacsa bencana alam tersebut terjadi kata Eka, Dinsosnakertrans Empat Lawang menyiapkan personil Taruna Siaga Bencana (Tagana).

“Ada 50 personil Tagana yang baru menjadi anggota dan diberi pelatihan. Mereka diberi pelatihan selama empat hari dan hari ini (kemarin,red) hari terakhir,” jelas Eka.

Dijelaskannya juga, bahwa semua anggota nanti akan ditempatkan di semua kecamatan. Terutama wilayah potensi bencana alam di Kabupaten Empat Lawang. Dalam penanganan dilapangan, tentu bekerjasama dengan semua pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi lainnya.

“Nanti akan ditempatkan di kecamatan sesuai domisili mereka masing-masing. Mereka nanti akan siap saat pra dan Pasca bencana, siap membantu dan memberikan bantuan ke korban,”tukasnya.

 

TEKS       : SAUKANI
EDITOR     : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *