Dinsos Ogan Ilir Akan Gelar Razia Orgil

INDERALAYA – Adanya beberapa orang gila (Orgil), yang kerap berkeliaran di Kota Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI), membuat Dinas Sosial (Dinsos), OI akan melakukan razia dan membawanya ke Panti Rehabilitasi.

Hal tersebut diungkapkan Kadinsos melalui Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pembinaan Dinas Sosial, Ernawati, Kamis (4/12), kemarin.

Menurutnya, biasanya orang gila yang berada di Ogan Ilir, dibuang oleh oknum warga. “Kia tidak bisa menduga dari mana mereka berasal. Tapi biasanya, orang gila dibuang oleh oknum tak bertanggung jawab,” jelasnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, pihaknya belum mengetahi berapa banyak orang gila yang berada di wilayah Ogan Ilir. Pihaknya sendiri dalam waktu dekat ini akan melakukan razia oragan gila.

“Kita akan berkoordinasi dengan satpol PP. Karena yang kita dengar Desember 2014, Satpol PP akan melakukan razia termasuk PSK,” jelasnya.

Kalaupun dalam razia didapatkan orang gila, pihaknya juga akan melakukan rehabilitasi dengan cara mengirimkan orang gila tersebut ke rumah sakit jiwa di KM.12 Palembang.

“Kita tidak memiliki RS yang menaungi penyakit kejiwaan. Sehingga akan kita kirimkan ke RS yang berwenang untuk menanganinya,” jelasnya.

Disinggung pembiayaannya, Erna menjelaskan, akan ditanggung oleh pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Sosial.

“Biasanya yang sudah-sudah akan ditanggung oleh dinas sosial,” kata Erna.

 

Teks   ; Junaedi Abdillah

EDITOR   : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *