Angkot Tak Lulus Emisi Terancam dikandangkan

Banyak Tak lulus - Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), melakukan uji emisi gratis terhadap kendaraan roda empat di depan Kambang Iwak (KI), Palembang, Kamis (12/6).  Hasilnya, puluhan kendaraan roda tidak lulus uji emisi. Foto : Bagus Kurniawan/KS

Banyak Tak lulus – Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), melakukan uji emisi gratis terhadap kendaraan roda empat di depan Kambang Iwak (KI), Palembang, Kamis (12/6/2014). | Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Kabid Pengawasan dan Pengendalian Operasional, Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang, Isranedy cukup kesal. Pasalnya, uji emisi terhadap angkutan umum yang dilakukan pihaknya belum lama ini, 25 persen diantaranya tidak lulus.

“Ada 25 persen yang tidak lulus, semua berasal dari angkutan kota (angkot) baik yang menggunakan bahan minyak (BBM) jenis solar maupun bensin,” ungkapnya, Kamis (4/12).

Isranedy menyebut, setiap angkot yang beroperasi di Metropolis wajib emisi gas buang nya dalam keadaan baik. Untuk menghindari terjadinya pencemaran udara di Metropolis.

“Bagi angkot yang tidak lulus. Kami tegaskan untuk di rawat segera. Karena, apabila masih tetap beroperasi, kami akan amankan kendaraannya,” tegasnya.

Isranedy mengaku, berdasarkan data pihaknya, jumlah angkutan umum yang diperiksa setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada Tahun 2013 lalu ada 650 kendaraan. Sementara di Tahun 2014 ini jumlahnya meningkat menjadi 701 kendaraan yang ikut uji emisi.

“Tapi, sangat kami sayangkan yang tidak lulus banyak yakni 25 persen yang berasal dari angkot,” akunya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Dishub Palembang, Masripin Toyib mengatakan, uji emisi itu dilakukan minimal dilakukan 3 setahun. Hal itu bertujuan untuk mengetahui apakah gas buang kendaraan sudah melebihi ambang batas atau belum.

“Jangan sampai udara Palembang tercemar karena gas buang kendaraan buruk. Oleh itulah, kami harapkan pemilik angkot maupun bus kota rutin melakukan pengecekan dan berbaikan kendaraan mereka,” katanya.

 

TEKS    : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *