Walikota Lubuklinggau : Tak Pindah, Tunggu Tanggal Mainnya

LUBUKLINGGAU – Surat edaran Walikota Lubuklinggau,tentang permintaan agar para pedagang daging, ikan dan ayam di Pasar Inpres blok B (blok basah) untuk pindah ke Pasar Bukit Sulap (PBS),nampaknya tak diindahkan oleh para pedagang. Padahal surat tersebut berakhir 24 November lalu.

Para pedagang masih bertahan dilapak mereka masing-masing. Dengan alasan, kalau semua para pedagang tidak dipindahkan, merekapun takkan pindah. Diakui salah seorang pedagang, Erni (30),para pedagang masih enggan menggunakan lapak baru. Apalagi, sejak rencana pemindahan tersebut, ada oknum yang memberikan jaminan dan memberikan peluang lapak dengan mendirikan lapak di badan Jalan Sudirman (depan pasar.red).

“Banyak oknum yang memberikan peluang itu. Kami hanya minta, kalau ada pemindahan semuanya pindah, jangan sampai beberapa saja, akhirnya masih menempati pasar lama,” kata dia.

Juga dikatakan, Gus (43) pedagang ayam pasar Inpres. Menurutnya lokasi lapak baru dinilai kurang strategis untuk dijadikan tempat berjualan.Karena tempatnya jauh didalam,berbeda dengan di Pasar Inpres berada dipinggir jalan.

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota H SN Prana Putra Sohe, kepada Kabar Sumatera, menegaskan polemik pemindahan pedagang ini masih dilihat permasalahan yang ada.
“Pemerintah juga harus memikirkan secara mendalam, karena ini menyangkut mata pencaharian pedagang. Tapi pemerintah tidak mungkin memberikan tempat yang tidak menguntungkan pedagang itu sendiri. Makanya, kepada Dinas Pasar, untukbenar-benar mensosialisasikan serta memberikan masukan kepada coordinator pedagang,” terang Nanan sapaan H SN Prana Putra Sohe.

Rencana pemindahan sendiri, adalah untuk menegakkan aturan pemerintah, utamanya menjaga ketertiban umum.

“Di mana pengguna jalan terganggu akibat banyaknya pedagang berhamburan dijalanan untuk kepentingan sendiri, tanpa memandang kenyamanan pengguna jalan. Hal ini harus diketahui, bahwa kondisi ini merugikan pedagang itu sendiri, mengurangi rezeki tanpa disadari. Tunggu tanggal mainnya, saya akan turun lagi ke pedagang,”kata Nanan.

Karena selama ini ia memang belum turun kelapangan mensosialisasikan relokasi pedagang ke PBS,sejauh ini Wakil Wali Kota H Sulaiman Kohar dan Dinas Koperasi UMKM dan Pengelolaan Pasar yang mendatangi para pedagang.

“Kalau belum pindah juga,tunggu tanggal mainya, selama inikan saya belum pernah turun kesana,”ujar Nanan.

TEKS:SRI PRADES
EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *