UMKM Sulit Tembus MEA

PALEMBANG – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sumsel memang sudah berkembang pesat, bahkan jumlahnya pun sudah sangat banyak. Namum masih banyak UMKM Sumsel yang terkendala beberapa faktor, sehingga sering kali mempengaruhi peningkatan usahanya. Seperti yang di sampaikan Syarifudin, Deputi Bank Indonesia Regional VII Palembang, ada beberapa kendala UMKM Sumsel yang masih terlihat.

“Beberapa kendalanya yaitu, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), yang fokus bergerak di UMKM Sumsel,Managemennya masih kurang tertata,serta perizinan usahanya,” katanya.

Guna mengatasi kendala tersebut, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kususnya keterampilan dan managemen keuangan. Sehingga UMKM Sumsel tidak hanya bertahan lama namun juga berkembang lebih pesat.

Terlebih dengan adanya momen Masyarakat ekonomi Asean (MEA) 2015 yang akan membuka persaingan antar pelaku usaha Asean semakin ketat.

“Saat ini kita sudah membina sekitar tiga ratusan UMKM Sumsel,mudah-mudahan meeka siap untuk menghadapi MEA 2015,” lanjutnya.

Ucap Syarifuddin, dalam hal ini juga masalah kendala UMKM Sumsel, diharapkan akan teratasi dengan adanya pelatihan-pelatihan yang di adakan oleh Bank Indonesia kepada UMKM Sumsel, untuk menyambut MEA 2015. Menyambut MEA 2015 Bank Indonesia (BI) merangkul para usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sumsel untuk di latihagar mampu bersaing dengan negara lain.

Di ungkapkan Syarifuddin Deputi Bank Indonesia Regional VII Palembang ini, Bank Indonesia juga turut andil dalam kemajuan UMKM Palembang.

“Peningkatan UMKM Sumsel ini di jalankan dengan cara memberikan pelatihan kompetensi dan studi banding dengan UMKM daerah lain,” ujarnya.

Selain dengan pelatihan dan studi banding, pihaknya juga mendukung UMKM Sumsel untuk mengikuti berbagai Bazar UMKM di luar Provinsi. Dengan adanya persiapan dan kematangan usaha, di harapkan juga UMKM Sumsel dapat bertahan dan mampu meningkatkan omset ditengah gencatan persaingan saat MEA 2015 berlangsung.

 

TEKS:YUNI DANIATI

EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *