Ribuan Polisi Amankan ASEAN AUG 2014

Ilustrasi Polisi | Bagus Park

Ilustrasi Polisi | Bagus Park

PALEMBANG – Sebanyak 1006 personil Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) diterjunkan ke lapangan untuk mengamankan jalannya pelaksanaan ASEAN University Games (AUG), yang akan digelar di Palembang pada tanggal 7 Desember 2014.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) R Djarod Padakova. “Kita akan menerjunkan 1006 personil Polri, yang nantinya akan dibagi menjadi lima satgas. Mereka akan bersiaga di dalam dan di luar Gelora Jakabaring Palembang,” bebernya, Rabu (3/12).

Dari ribuan personil itu, lanjut Djarod, sebagian besar difokuskan untuk mengamankan cabang olahraga (cabor) sepakbola. Adapun anggota Polri yang akan mengawal jalannya sepakbola berjumlah 124 personil. Ini belum ditambah dengan personil dari TNI-AD dan Sat Pol PP Palembang.

Meski tidak sebanyak jumlah personil di sepakbola, cabor lain tetap akan dikawal pelaksanaannya. Dijelaskan Djarod, masing-masing cabang olahraga (Cabor) sudah ditetapkan jumlah personil polri yang akan mengawal.

“Pam keamanan juga akan dilakukan di luar Gelora Jakabaring. Mulai dari Graha Serbaguna, Sriwjaya Promotion Center, PSCC, Graha Unsri, dan Stadion Bumi Sriwijaya. Lokasi inap dan lokasi-lokasi kuliner yang akan dikunjungi atlet juga akan kita amankan,” kata Djarod.

Dalam pengamanan ini, lanjut Djarod, Polda Sumsel akan bekordinasi bersama anggota TNI-AD dan Sat Pol PP kota dan provinsi. Mereka akan kerja sama menyukseskan perhelatan yang akan digelar selama 17 hari ini.

Diungkapkan Djarod, dari data yang diperoleh pihaknya, dalam even tersebut akan dihadiri oleh 1.682 Atlet dan 116 Oficial. Presiden RI Jokowi, informasinya, akan membuka acara tersebut.

Untuk sistem keamanan terhadap presiden, Djardod mengatakan, sudah ada prosedurnya. “Keamanan dilakukan oleh Paspamres. Selain itu pengamanan di VVIP akan dilakukan oleh TNI. Sementara Polda Sumsel akan menurunkan personil Brimob yang akan melakukan pengamanan saat Presiden RI Jokowi membuka even AUG 2014 tersebut,” tutupnya.

 

TEKS   : Oscar Ryzal

EDITOR  : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *