PON Remaja Ke 1, Sumsel Bidik 10 Besar

Sejumlah atlet PON Remaja Sumsel tengah menghadiri pelepasan atlet di Gedung Bina Praja, Rabu. (03/12/2014) | Dok KS

Sejumlah atlet PON Remaja Sumsel tengah menghadiri pelepasan atlet di Gedung Bina Praja, Rabu. (03/12/2014) | Dok KS

Palembang – Sumatera Selatan mengusung target 10 besar pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) remaja ke-1 di Surabaya, Jawa Timur, 9- 15 Desember 2014.

Gubernur Sumsel melalui sekretaris daerah Mukti Sulaiman mengungkapkan, untuk merealisasikan target yang diingkan ini pihaknya telah mempersiapkan atlet dengan menggelar Training Camp (TC) selama dua bulan terakhir.

“Persiapan kita cukup maksimal untuk masuk 10 besar, begitupun motivasi kepada atlet. Mulai dari peningkatan gizi atlet, akomodasi, tempat penginapan yang standar dan pendamping mereka saat pertandingan. Kiranya kita berharap Sumsel bisa keluar menajdi yang terbaik,” kata Mukti usai melepas kontingen di Gedung Bina Praja, Pemprov Sumsel, Rabu (3/12).

Terkait bonus juara bagi atlet berprestasi. Sejauh ini pihak provinsi belum memastikan seperti apa anggarannya. “Bonus belum bisa ditentukan. Paling tidak nanti ada penghargaan sebagai apresiasi kepada atlet berprestasi. Mungkin bagi atlet yang tamat SMA mau kuliah nanti bisa kita bantu rekomendasikan. Tapi itu juga perlu disesuaikan dengan prestasinya,” tuturnya.

Sementara itu, ketua kontingen Sumsel, Dhennie Zainal menjelaskan, Sumsel akan mengirim 61 atlet serta 24 pendamping meliputi pelatih dan official. “Dari 15 cabor yang dipertandingkan, kita hanya ikut 14 cabor. Karena cabor sepakbola kita tidak lolos, kalah saat Pra PON di Padang,” ujar Dhennie.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Koni Sumsel, Rizal menambahkan, pihaknya telah menginventarisir empat cabor yang diunggulkan bisa meraih emas terbanyak dalam ajang yang untuk kali pertama digelar ini.

“Empat cabor itu adalah atletik, pencak silat, loncat indah dan anggar. Untuk cabor yang lain tentu tetap kita harapkan, karena para atlet juga ingin hasil yang terbaik,” kata Rizal.

Dari empat cabor unggulan ini, Rizal menyampaikan maksimal delapan emas bisa didapatkan. “Sementara ini optimistis delapan medali emas bisa didapatkan, kalo pesimistisnya bisa empat emas,” tutupnya.

 

Teks     : Iqbal




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *