JK Direncanakan Buka AUG 2014

Jusuf Kalla , Ketua Umum PMI

Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia | Ist

PALEMBANG – Panitia Pelaksana penyelenggaran Asian University Games (AUG) 2014 bertahap mempersiapkan acara pembukaan tanggal 10 Desember dengan konsep HiTech, mulai dari tata panggung hingga menyalakan kembang api secara reli dan obor acara dengan gaya yang berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

Ketua Divisi Opening/Closing AUG 2014, Irene Camelyn Sinaga menjabarkan, pihaknya bersama Event Organizer (EO) akan menerapkan rencana berbeda dari pembukaan acara internasional pada umumnya.

“Peresmian AUG akan ditandai dengan penyalaan obor. Yang berbeda, ketika seseorang yang sudah ditugaskan menekan tombol sirene, laser ditembakkan untuk menghidupkan kembang api yang langsung terhubung dengan obor. Jadi tidak manual lagi,” katanya saat diwawancarai di kantornya, Rabu (3/12).

Ia menambahkan, selain sinar laser yang diusung oleh panitia AUG untuk HiTech pada acara pembukaan, juga melekat di panggung acara. Lantai yang dipasangi kaca mika akan tertempel televisi LED berukuran 6×30 meter.

“Yang lebih ciamik ketika 600 penari masuk ke lapangan memakai busana penuh warna. Pakaian yang mereka kenakan dipasang LED sehingga memancarkan cahaya terang dan berwarna warni dalam gelap,” ujarnya.

Kembang api yang akan menghidupkan suasana pembukaan pun diboyong dari negeri Tiongkok. Meski Irene tak menyebut berapa ton kembang api yang disediakan, namun dirinya memastikan panitia menyiapkan sesuatu yang berbeda dari acara pembukaan bertaraf internasional.

“Kembang api akan menyala selama acara pembukaan. Setiap pergantian sesi ada kembang api. Tidak seperti biasa yang dihidupkan hanya sekali saat puncak. Kembang api AUG 2014 juga menggunakan tema, dalam artian warna yang lebih ramai. Tidak cuma kuning atau merah, tapi biru dan sebagainya,” terang Irene.

Irene yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol di Pemprov Sumsel ini mengatakan, persiapan panggung acara pembukaan baru dimulai kemarin pagi dan telah mencapai tahap sekitar 60 persen.

“Panggung akan menghadap Tribun VVIP. Bentuknya oval mengikuti stadion. Ada 20 ribu kursi yang disiapkan untuk masyarakat menonton pembukaan AUG 2014. Dan rencanaya, Wapres Jusuf Kalla akan membuka acara,” terangnya.

TEKS:IMAM MAHFUZ
EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *