Bio Gas dari Energi Alternatif

Ilustrasi Gas | Ist

Ilustrasi Gas | Ist

PAGARALAM – Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, membuat berbagai hal yang tak bisa terjadi menjadi bisa terjadi. Misalnya, kotoran hewan sapi dapat diolah menjadi sumber energi alternatif yaitu bio gas. Bio gas dimaksud dikembangkan di Dusun Jambat Akar, Kelurahan Jangkar Mas, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam menjadi bahan bakar untuk dapur rumah tangga warga setempat. Hal itu dikemukakan A Jamal, Ketua Kelompok Tani Setia, Rabu (3/12).

Untuk proses pembuatan lokasi pengolahan bio gas sejauh ini tengah diupayakan. Adapun langka pertama yakni membuat lubang untuk menempatkan tabung yang dijadikan sebagai tempat penampungan kotoran sapi. Kemudian memasang pipa dan dua unit bak penampungan.

“Pengolahan bio gas ini akan dapat langsung dirasakan. Sejauh ini ada sekitar 10 rumah warga yang menikmati bahan bakar dari bio gas dimaksud,” katanya.

Ia mengatakan, agar dapat dinikmati lebih banyak lagi tentunya membutuhkan penampungan yang lebih besar lagi. Apalagi bio gas dari kotoran sapi itu, aman dalam penggunaannya untuk dapur rumah tangga dan lebih ekonomis jika dibandingkan LPG.

“Keunggulannya gas tidak berbau dan warna api pun sama seperti dari LPG,” terangnya seraya berkata semoga kreativitas ini dapat semakin bermanfaat lagi pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak beberapa waktu lalu.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR      :  RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *