Bentuk Forum Jurnalis Perempuan, WCC Rangkul Pers

Yeni Roslaini, Direktur Eksekutiv WCC Palembang, Yeni Roslaini. | Foto ; Bagus Kurniawan KS

Yeni Roslaini, Direktur Eksekutiv WCC Palembang, Yeni Roslaini. | Foto ; Bagus Kurniawan KS

PALEMBANG – Guna menggencarkan kampanye perlindungan anak dan perempuan, Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang berniat untuk merangkul pers untuk membentuk suatu forum jurnalis bagi perempuan.

Seperti yang disampaikan Yeni Roslaini, Direktur Eksekutiv WCC Palembang, pihaknya ingin berencana membentuk Forum Jurnalis Perempuan dikarenakan, posisi para perempuan di dunia jurnalis Palembang sudah berpengaruh besar terhadap sosialisasi isu perempuan.

“Banyak jurnalis wanita di Palembang yang sudah menduduki jabatan tinggi, ada yang jadi redaktur hingga Pimpinan Redaktur (Pimred). Dan pemberitaan juga mempunyai nilai untuk mengkampanyekan isu perempuan,” katanya saat mengisi diskusi umum di sekretariat WCC Palembang, Kamis (27/11).

Menurutnya, profesi seorang jurnalis sangat strategis untuk membantu perlindungan anak dan perempuan serta resiko pekerjaan jurnalis di lapangan yang memang terkadang jam kerja yang tidak menentu.

Selain untuk mengkampanyekan isu perempuan, kebanyakan pemberitaan tentang perempuan seringkali menyudutkan perempuan tersebut, juga banyak yang menyalahkan perempuan, padahal perempuan sebagai korban tindak kekerasan seksual.

“Kita terpikirkan karena sering berinteraksi dengan teman jurnalis yang mempunyai posisi strategis. Penting untuk membuat suatu forum jurnalis, agar bisa mendiskusikan secara rutin berkaitan dengan isu perempuan, jangan sampai malah perempuan yang sudah korban juga disalahkan,” paparnya.

Kerja sama ini juga penting dalam melakukan pemberitaan yang lebih sensitif dan lebih  peduli terhadap masalah perempuan.

 

TEKS      : YUNI DANIATI

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *