Permudah Pembayaran Pajak Kendaraan, Dispenda Sumsel Bentuk Sistem Online Baru

Ilst. Pajak Online | Dok KS

Ilst. Pajak Online | Dok KS

PALEMBANG – Guna memberikan pelayanan lebih mudah terhadap masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada tahun 2015 mendatang berencana akan menciptakan sistem dan prosedur program IT terbaru. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Dispenda Sumsel, Muslim saat diwawancarai di kantor gubernur, kemarin.

Diterangkan Muslim, temuan di lapangan bahwa kebanyakan masyarakat yang menunggak untuk PKB dikarenakan mereka anggap bayar pajak itu terlalu rumit dan menunggu terlalu lama. Padahal itu tidak benar. Oleh karena itu, Dispenda sedang menyiapkan rancangan pembuatan sistem IT yang akan dibuat pada tahun depan.

“Ini diciptakan agar masyarakat lebih mudah membayar pajak dengan sistem online melalui bank yang akan kita ajak bekerjasama terlebih dahulu. Sistem ini juga hampir mirip dengan Elektronik Samsat (e-Samsat) yang bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel,” jelasnya.

Perencanaan ini pun sudah dibicarakan dengan Dirlantas Sumsel dan hasilnya mereka setuju dan sangat mendukung program yang tengah direncanakan ini.

“Diharapkan pada pertengahan atau akhir 2015 sistem ini sudah bisa diresmikan dan langsung operasional. Sehingga realisasi pajak tiap tahunnya bisa mencapai target yang telah ditetapkan,” bebernya.

Masih kata Muslim, setiap tahun jumlah kendaraan bermotor di Sumsel, baik roda empat maupun dua, terus mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk itu, semua unit pelaksana teknis daerah (UPTD) yang ada terus ditingkatkan layanannya terhadap masyarakat dan mengefektifkan penyerapan pajak kendaraan bermotor.

Dijelaskan, PKB per triwulan II 30 Agustus 2014 baru mencapai 68,63 persen pencapaiannya dari target Rp812.902.152.908 dan sudah terealisasi Rp557.910.626.038. Sedangkan untuk triwulan III ini masih dalam proses penghitungan yang biasanya baru bisa didata pada pertengahan Desember.

“Kita tetap optimistis target penyerapan pajak yang ditetapkan pada tahun ini dapat tercapai,” pungkasnya.

 

TEKS  : RINALDY

EDITOR   : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *