Mulai Desember 2014, TAG Berlakukan Penyesuaian Harga

PALEMBANG – Mulai Desember 2014, TAG mulai memberlakukan penyesuaian harga penjualan untuk semua tipe produk Toyota. Mengingat biaya produksi, biaya operasional, serta ongkos kirim semakin meningkat, pasca penerapan kenaikan BBM bersubsidi lalu.

Branch Manager PT Tunas Auto Graha (TAG) Palembang, Hadi Maryanto mengatakan, pihaknya belum bisa menyampaikan besaran kenaikan yang akan dikenakan pada setiap produk. Sebab, hal tersebut menjadi kewengan pusat.

“Pastinya penyesuaian ini menjadi dampak kenaikan BBM juga. Banyak pertimbangan operasional yang menjadi landasannya,” ujar Hadi kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Selasa (2/12).

Menurut Hadi pihaknya akan memastikan, tidak akan ada penurunan penjualan akibat penyesuaian harga ini. Dimungkinkannya shock market hanya akan berlangsung 2 sampai 3 bulan pertama saja. Selanjutnya, penjualan akan kembali normal. ” Melihat dari pengalaman sebelumnya, bisanya untuk shok market turun sekitar 10 persen,” ujar Hadi.

Sepanjang 2014, penjualan TAG Cabang Perintis Kemerdekaan sudah mencapai 3400 unit dari target sampai akhir tahun sebanyak 3800 unit. Produk Avanza masih menjadi kontributor utama penjualan dengan catatan 50 unit perbulannya. Disusul produk Agya, Innova, dan Rush sebanyak 40 unit perbulan. Adapun produk baru New Yarris dan Fortune 4×4 juga tercatat tumbuh positif dengan masing-masing penjualan sekitar 30 unit per bulan.

“Saat ini untuk penjualan masih dominasi oleh Avanza, hal ini dikarenakan pihaknya sedang menggelar program promo gratis cicilan 3 bulan,” jelasnya.

Promo lain yang berlangsung saat ini, lanjut Hadi, yakni bunga 0 persen untuk pembelian Sedan dengan Niaga Finance di berikan pula diskon spare part dan mantainance untuk pembelian produk Hilux dan Dyna Dump Truck.

Menurutnya, produk niaga seperti hilux memang masih stabil namun produk komersil seperti Dyna masih terpengaruh pada penurunan harga komoditas. “Pastinya, market share masih dipegang oleh Toyota sebesar 39 persen,” ungkap Hadi.

 

TEKS    : AMINUDDIN

EDITOR   : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *