Uji Coba E-KTP Kembali Tertunda

PALEMBANG – Uji coba pencetakan KTP elektronik (KTP-el) yang jadwal harusnya dilakukan pada 1 Desember, kini mesti tertunda. Hal itu yang diungkapkan Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan Edward Chandra saat diwawancarai di kantor Pemprov Sumsel, Senin (1/12).

“Harus ditunda. Ini sesuai dengan Surat Kemendagri No 471.13/6626/SJ pada 18 November 2014 lalu. Jadi kita memang harus menunda pelaksanaan uji coba sampai dengan waktu yang tidak ditentukan oleh Kemendagri,” ujar dia.

Mengenai alasan penundaan tersebut, kata dia, karena adanya berbagai permasalahan dalam pencetakan KTP-el. Kemendagri akan memberikan pemberitahuan lebih lanjut untuk pencetakan KTP-el.

“Meski begitu, kita masih menghimbau untuk setiap kecamatan dan Disdukcapil tiap kabupaten/kota untuk tetap melayani masyarakat dalam pembuatan KTP-el,” beber dia.

Alasan lainnya juga, karena ada beberapa daerah yang belum menyelesaikan pelelangan tinta guna mencetak KTP-el tersebut. Kabupaten kota yang sudah menyelesaikan proses pelelangan tinta yakni OKUT, Lubuk Linggau, Pagaralam, dan Prabumulih. Dua kabupaten kota yakni Muratara dan PALI memang belum melakukan pelelangan tinta karena masih menginduk ke kabupaten kota awal.

“Jadi masih ada sekitar 11 kabupaten kota lagi yang masih dalam proses, diantaranya masuk Palembang,” pungkasnya.

TEKS:IMAM MAHFUZ
EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *