Nyamuk Penyebab Utama DBD

• Kadinkes Imbau Masyarakat Cegah Penyakit DBD

LAHAT – Hingga pekan ke empat November 2014, Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat belum menerima adanya lonjakan berarti dari kasus demam berdarah di Lahat. Hal itu merujuk pada laporan semua kecamatan dan desa di lahat yang sudah diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat.

Meski demikian, Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat telah menyiapkan sejumlah kebijakan dan program untuk mencegah melonjaknya jumlah kasus demam berdarah. Tak hanya itu, Dinas Kesehatan juga telah menyiapkan cadangan tindakan dan program untuk tahap pengobatan jika memang terjadi ledakan kasus demam berdarah di lahat.

Untuk pencegahan sendiri, pola 3 M plus yang sudah cukup dikenal masyarakat tetap menjadi andalan dalam mencegah mewabahnya demam berdarah. Kegiatan menguras penampungan air, mengubur barang bekas dan menutup tempat penampungan air serta plus menghindari gigitan nyamuk masih menjadi hal yang paling ampuh untuk menangkal perkembangan demam berdarah.

Sebab, nyamuk memang menjadi vektor utama penyebaran penyakit ini. Celakanya, nyamuk berkembang biak dengan sangat pesat di saat mulai musim hujan seperti sekarang ini. Demikian diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat dr.H.Rasyidi, Senin (1/12) setelah acara seremoni HKN.

Puncak lonjakan kasus demam berdarah di lahat seperti disampaikan oleh Kadinkes Lahat akan terjadi pada november kemarin, Perkiraan ini berdasarkan analisa data rata-rata kasus demam berdarah di Lahat selama dua tahun belakangan.

“Itu sangat penting tindakan pencegahan mulai dilakukan dari sekarang. Jika kita melakukan terlambat melakukan tindakan pencegahan maka puncak penyebaran demam berdarah akan tidak terkendali di saat Desember,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, demam berdarah termasuk salah satu jenis penyakit menular yang tidak bisa dimusnahkan secara total.

“Penyakit ini hanya bisa diminimalisir, tapi tidak bisa dimusnahkan sama sekali, untuk itu sebelum terjadi mari kita cegah bersama-sama,” katanya.

Rasyidi mengatakan, pihaknya akan segera memberikan pengarakan secara langsung kepada masyarakat mengenai betapa pentingnya pencegahan demam berdarah ini. “Semuanya bisa diatasi, jika masyarakat menjalankan semua apa yang telah diprogramkan, tenntunya DBD tidak akan menyerang kita,” tegasnya.

 

TEKS      : JUMRA ZEFRI
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *